EVALUASI STRATEGI DIRECT MARKETING PADA PT. INDONESIA PARTNER SOLUTION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DALAM BIDANG LAYANAN JASA OUTSOURCING

VERONICA PENTRYANIK SEPTINA SARASWANTO, 151510813078 (2018) EVALUASI STRATEGI DIRECT MARKETING PADA PT. INDONESIA PARTNER SOLUTION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DALAM BIDANG LAYANAN JASA OUTSOURCING. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.PM. 02-19 Sar e Abstrak.pdf

Download (828kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.PM. 02-19 Sar e.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Simpulan 1. PT. Indonesia Partner Solution adalah perusahaan jasa outsourcing regional yang bergerak dalam bidang jasa layanan kontrak Cleaning Service dan Service Provider. Dalam memasarkan jasanya , perusahaan menggunakan strategi pemasaran business to business melalui strategi bauran pemasaran yaitu promosi. Promosi mempunyai banyak cara yaitu advertising, sales promotion, public relation, personal selling, direct marketing. 2. Salah satu cara promosi PT. Indonesia Partner Solution yang diterapkan adalah direct marketing. Hal itu dikarenakan perusahaan yang bersifat perusahaan baru dan membutuhkan direct marketing sebagai pemasarannya. 3. Bentuk bentuk direct marketing yang telah digunakan oleh PT. Indonesia Partner Solution sejauh ini adalah, pemasaran pengeposan langsung, face to face, telemarketing, pemasaran kios, dan pemasaran online. 4. PT. Indonesia Partner Solution sejauh ini belum menerapkan pemasaran direct marketing dengan baik. Dikatankan belum baik karena tidak semua bentuk dari direct marketing dijalankan secara seimbang dan maksimal 5. SDM bagian marketing PT. Indonesia Partner Solution belum mengetahui bentuk pemasaran dari perusahan mereka sendiri. Sehingga penulis menjelaskan terlebih dahulu bentuk-bentuk dari bauran pemasaran promosi dan pengertian-pengertiannya saat akan melakukan wawancara. 6. PT. Indonesia Partner Solution belum menerapakan bentuk dari direct marketing seperti , pemasaran katalog, pemasaran teknologi digital baru, dan pemasaran televisi. 7. PT. Indonesia Partner Solution tidak menerapkan pemasaran business to business seluruhnya Saran Penulis memberikan saran sesuai dengan pengamatan pada saat PKL mungkin bisa bermanfaat bagi PT. Indonesia Partner Solution selaku subyek PKL dan Program Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga adalah sebagai berikut : 1. Untuk strategi promosi PT. Indonesia Partner Solution seharusnya dapat memanfaatkan keselurhan dari bauran promosi B2B yaitu :  Advertising and business to business communications  Sales promotions and business to business communications  Public relations and business to business communications  Komunikasi pemasaran Internet dan business to business  Personal selling and business to business communications Namun PT. Indonesia Partner Solution hanya mengguakan bauran promosi yaitu direct marketing. 2. Untuk pemasaran direct marketing dalam bentuk face to face perusahaan telah menjalankan dengan baik, hanya ada yang perlu diperbaiki, dimana persentasi dapat menggunakan powerpoint tidak hanya menggunakan proposal. Tujuannya adalah agar membangun citra yang baik saat awal kali pertemuan dan vendor dapat menangkap informasi dengan lebih mudah. 3. Perusahaan memerlukan SDM yang handal dalam bidang marketing walau dalam lapangannya sendiri marketing yang dimiliki oleh PT. Indonesia Partner Solutin telah berjalan dengan mandiri. Namun alangkah lebih baiknya apabila marketing mengetahui teori dasar dari pemasaran itu sendiri. Maka perlu adanya pelatihan dasar untuk dasar-dasar menjadi seorang marketer yang prefesional. 4. Perlu diadakan training setiap seminggu sekali atau sebuluan sekali untuk mengevaluasi hasil kinerja dari para marketer agar dapat melihat perkebangan penjualan secara berkala. 5. Menambahkan SDM dalam divisi marketing untuk mengoprasikan online marketing. 6. Memperbaiki sistem pemasaran melalui online khususnya website dan media sosial. Sebagai perusahaan business to business komunikasi pemasaran internet sangat dibutuhkan. 7. Sebagai perusahaan business to business bentuk katalog perlu untuk diterapkan. Perusahaan perlu membuat katalog web, katalog cetak ataupun dalam bentuk katalog lainnya. Maka penulis juga membuatkan katalog dengan desain yang lebih menarik dan professional, pembuatan brosur, desain web yang lebih prefesional dan pembuatan media sosial seperti instagram. Katalog, brosur dan desain web akan dilapirkan pada lampiran.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM. 02-19 Sar e
Uncontrolled Keywords: STRATEGI DIRECT MARKETING, MENINGKATKAN KERJASAMA, BIDANG LAYANAN JASA, OUTSOURCING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM
VERONICA PENTRYANIK SEPTINA SARASWANTO, 151510813078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMaurisia Putri Permatasari, S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:57
Last Modified: 16 Apr 2019 11:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item