CEO CHARACTERISTICS, FORMAL CORRUPTION ENVIRONMENT, AND THE EFFECT TOWARDS CORPORATE SOCIAL IRRESPONSIBILITY

META YUNITA PRAMASETIO, 041511333166 (2019) CEO CHARACTERISTICS, FORMAL CORRUPTION ENVIRONMENT, AND THE EFFECT TOWARDS CORPORATE SOCIAL IRRESPONSIBILITY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
A. 114-19 Pra c Abstrak.pdf

Download (38kB)
[img] Text (Fulltext)
A. 114-19 Pra c.pdf
Restricted to Registered users only until 18 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Karakteristik CEO dan Lingkungan Korupsi Formal terhadap Corporate Social Irresponsibility. Penelitian ini menggunakan CSiR sebagai objek penelitian karena topik tersebut jarang mendapatkan perhatian public dibandingkan dengan CSR, meskipun dampak yang akan dialami oleh masyarakat cenderung lebih membahayakan dan merusak. Menggunakan upper echelon theory dan institutional theory, studi ini menganalisis bagaimana karakteristik manajemen teratas dan lingkungan korupsi tempat operasional perusahaan dapat mempengaruhi Corporate Social Irresponsibility. Karakteristik yang digunakan dalam studi ini adalah masa periode jabatan, usia, jenis kelamin, dan latar belakang pendidikan CEO. Lingkungan Korupsi Formal dalam penelitian ini menggunakan data makro indeks korupsi Indonesia sebagai tempat operasional seluruh perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan 474 observasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013 hingga 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi Ordinary Least Square Regression yang diproses dengan perangkat lunak STATA 14.0. Studi ini menemukan bahwa Karakteristik CEO memiliki hubungan yang signifikan dengan Corporate Social Irresponsibility. Masa periode jabatan CEO memiliki pengaruh signifikan yang bersifat positif dengan CSiR, sedangkan latar belakang pendidikan CEO memiliki pengaruh yang bersifat negatif terhadap CSiR. Sedangkan, dua karakteristik lain yaitu usia dan jenis kelamin CEO ditemukan memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan Corporate Social Irresponsibility. Studi ini juga menemukan bahwa Lingkungan Korupsi Formal juga berhubungan positif dengan CSiR. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan berbeda, yaitu dari factor internal dan eksternal perusahaan. Selain itu, studi ini juga akan menyediakan dukungan untuk Upper Echelon Theory dan Institutionalization Theory.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 114-19 Pra c
Uncontrolled Keywords: Karakteristik CEO, Lingkungan Korupsi Formal, Corporate Social Irresponsibility
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
META YUNITA PRAMASETIO, 041511333166UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Prof. Dr., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:15
Last Modified: 18 Apr 2019 09:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item