IMPLEMENTASI METODE SEARCH ENGINE MARKETING (SEM) DAN SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PT. KINETIC DIGITAL INDONESIA

ILHAM ANDRE PRASETIA, 151510813030 (2018) IMPLEMENTASI METODE SEARCH ENGINE MARKETING (SEM) DAN SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PT. KINETIC DIGITAL INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.PM. 04-19 Pra i Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.PM. 04-19 Pra i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pada pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan implementasi Search Engine Marketing dan Social Media Marketing dalam meningkatkan brand awareness sudah berjalan sesuai apa yang diharapkan oleh Kinetic. Pada penerapan Search Engine Marketing kita menggunakan dua software, yaitu Google Ads untuk mengelola iklan dan Google Analytics untuk menganalisa website, dan untuk Social Media Marketing kita menggunakan Facebook Ads Manager untuk mengelola iklan di media sosial Facebook dan Instagram. Berdasarkan hasil tabulasi data didapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1. Dalam kegiatan Digital Marketing pada PT. Kinetic Digital Indonesia, aktivitas yang telah dilakukan diantaranya mengadakan pelatihan atau workshop di UKM, kampus, komunitas, dan mengisi seminar untuk mengedukasi tentang peran digital marketing pada saat ini. 2. Kesiapan infrastruktur e-bisnis PT. Kinetic Digital Indonesia sudah mencapai 80% dari segi hard asset, dan masih memerlukan pengembangan dari segi soft asset, yaitu dari sumber daya manusia pada PT. Kinetic Digital Indonesia. 3. Penerapan Search Engine Marketing pada PT. Kinetic Digital Indonesia dinilai sangat efektif dalam mendatangkan konsumen, dan secara target market juga lebih tepat sasaran. Setelah iklan ditayangkan banyak konsumen yang menghubungi Kinetic baik melalui email info@kinetic.id maupun via Whatsapp admin, salah satu pertanyaannya yaitu menanyakan biaya jasa Kinetic. Maka dari itu, penerapan SEM menjadi prioritas Kinetic dalam memasarkan layanannya. 4. Penerapan Social Media Marketing pada PT. Kinetic Digital Indonesia meski tidak menjadi prioritas dalam pemasaran online, pemasangan Facebook Ads tetap dilakukan untuk membangun awareness di lingkup media sosial. Konten yang diiklankan sebagian besar yaitu aktivitas client project yang pernah ditangani oleh Kinetic. 5. Dalam proses brand awareness pada PT. Kinetic Digital Indonesia, selain melakukan dua metode tersebut untuk pemasaran online, Kinetic juga melakukan kegiatan offline seperti mengadakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membangun citra positif terhadap perusahaan. Selain itu juga mengadakan pelatihan, workshop untuk komunitas, penggiat UKM, untuk mengenalkan layanan jasa Kinetic dan aktivitas di ranah digital marketing. Saran Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan di atas, saran penulis kepada perusahaan PT. Kinetic Digital Indonesia yaitu sebagai berikut: 1. Mengadakan pelatihan standar kompetensi untuk sumber daya manusia (SDM) di lingkungan perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara maksimal. 2. Perlu adanya penambahan SDM mengingat jumlah SDM di lingkungan internal perusahaan masih sangat terbatas, untuk menunjang produktivitas pada perusahaan PT. Kinetic Digital Indonesia. 3. Perlu adanya inovasi atau perbaikan dalam segi kualitas konten, baik konten untuk website maupun media sosial, untuk menciptakan konten yang menarik sehingga lebih meningkatkan konversi dan traffic pada website dan engagement pada media sosial Kinetic, sehingga kualitas iklan bisa meningkat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM. 04-19 Pra i
Uncontrolled Keywords: Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), Brand Awareness Konsumen, PT. Kinetic Digital Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ILHAM ANDRE PRASETIA, 151510813030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAyu Febriyanti Puspitasari, S.E., M.M., M.BA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Apr 2019 05:09
Last Modified: 22 Apr 2019 05:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item