HUBUNGAN ANTARA FUNGSI KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA SISWA MADRASAH ALIYAH “X” KOTA PARIAMAN

RIZA RAMLI, 101611123048 (2019) HUBUNGAN ANTARA FUNGSI KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA SISWA MADRASAH ALIYAH “X” KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa perkembangan remaja sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor pengetahuan, sikap, tingkat pemahaman agama, keluarga, masyarakat, dan lingkungan. Keluarga sebagai pondasi utama remaja sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku remaja termasuk terhindari dari perilaku seks pranikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi keluarga dengan perilaku seks pranikah pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah “X” Kota Pariaman. Besar sampel penelitian berjumlah 60 responden. Subyek diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil dari penelitian menunjukan hubungan antara fungsi keluarga dengan perilaku seks pranikah. Hubungan dengan fungsi pemecahan masalah memiliki nilai p = 0,001. Hubungan dengan fungsi komunikasi memiliki nilai p = 0,352. Hubungan dengan fungsi peran memiliki nilai p = 0,634. Hubungan dengan fungsi responsivitas afektif memiliki nilai p = 0,017. Hubungan dengan fungsi keterlibatan afektif memiliki nilai p = 0,088. Hubungan dengan fungsi kontrol perilaku memiliki nilai p = 0,060. Hubungan dengan keberfungsian umum memiliki nilai p = 0,675. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah fungsi pemecahan masalah dan responsivitas afektif berhubungan dengan perilaku seks pranikah pada remaja. Sehingga dengan kata lain, semakin baiknya fungsi-fungsi dalam keluarga maka perilaku seks pranikah semakin rendah di kalangan remaja. Diharapkan, bagi keluarga agar lebih memahami dan meningkatkan fungsi komunikasi, peran, keterlibatan afektif, kontrol perilaku dan keberfungsian umum dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 103/19 Ram h
Uncontrolled Keywords: The McMaster Model, Family Function, Premarital Sex Behavior, Islamic Senior High School Student
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIZA RAMLI, 101611123048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNunik Puspitasari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:49
Last Modified: 23 Apr 2019 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item