ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PT. AXZ UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI MARITIM

FACHRUL HERWANZAH, 041624353009 (2019) ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PT. AXZ UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI MARITIM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MM. 33-19 Her a Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text (Fulltext)
MM. 33-19 Her a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang semakin ketat di era globalisasi memberikan pengaruh cukup besar bagi pertumbuhan bisnis saat ini, tanpa terkecuali bisnis desain perkapalan. Persaingan yang semakin ketat terbukti dengan hasil olah data internal PT. AXZ yang mencatat terjadinya penurunan persentase market share perusahaan 3 tahun terakhir mulai dari tahun 2015 hingga 2017. Atas dasar ini, maka dirasa perlu untuk melakukan analisis sumber daya dan kapabilitas perusahaan untuk dapat memunculkan keunggulan kompetitif perusahaan dalam rangka menghadapi persaingan pada bisnis desain perkapalan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode resource based view. Metode ini dipilih karena ada proses dalam penemuan fenomena aktual yang ada di PT. AXZ dan menjadi dasar dalam menganalisis sumber daya dan kapabilitas yang menjadi keunggulan kompetitif perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara langsung maupun tidak langsung. Wawancara tidak langsung dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada beberapa responden. Pada tahap akhir dilakukan analisis menggunakan kerangka VRIO untuk mengetahui potensi perusahaan yang dapat menjadi keunggulan kompetitif yang sustainable nantinya. Kerangka VRIO mengungkapkan empat parameter kunci untuk analisis berbasis sumber daya sebagai serangkaian pertanyaan tentang kegiatan bisnis perusahaan yaitu bernilai (valuable), langka (rare), sulit untuk ditiru (imitability), dan terkelola dengan baik (organized). Berdasarkan analisis keunggulan kompetitif menggunakan pendekatan resource based view pada PT. AXZ yang telah dilakukan melalui identifikasi rantai nilai (value chain), maka diperoleh hasil bahwa sumber daya (resource) dan kapabilitas (capabilities) yang dimiliki oleh PT. AXZ pada keseluruhan rantai nilai adalah sebanyak 41 sumber dan berpotensi untuk menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Berdasarkan hasil identifikasi rantai nilai di atas, selanjutnya pada kerangka VRIO diperoleh bahwa PT. AXZ memiliki sumber keunggulan kompetitif pada aspek harga yang kompetitif. Di sisi lain, sebagian besar dari sumber daya dan kapabilitas lainnya yang dimiliki perusahaan hanya mampu memberikan keunggulan kompetitif yang sifatnya sama dengan para competitornya, namun terdapat beberapa sumber daya dan kapabilitas yang mampu memberikan keunggulan kompetitif setidaknya dalam beberapa waktu ke depan, yaitu kapasitas hardware dan software perusahaan, website perusahaan yang informatif, tenaga ahli perusahaan, kemampuan dalam pendampingan yang baik dengan pelanggan, kemampuan menjalin hubungan kerjasama dengan relasi, dan kemampuan dalam melakukan training program yang baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 33-19 Her a
Uncontrolled Keywords: desain perkapalan, resource based view, keunggulan kompetitif, sustainable
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FACHRUL HERWANZAH, 041624353009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Tjahjadi, Prof. Dr., S.E., MBA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Apr 2019 11:29
Last Modified: 23 Apr 2019 11:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item