HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN ALGORITMA FIREFLY (FA) PADA OPEN VEHICLE ROUTING PROBLEM (OVRP)

MIFTA FITRI FEBRIANI, 081311233029 (2019) HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN ALGORITMA FIREFLY (FA) PADA OPEN VEHICLE ROUTING PROBLEM (OVRP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MPM. 22-19 Feb h Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text (Fulltext)
MPM. 22-19 Feb h.pdf
Restricted to Registered users only until 24 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah untuk menyelesaikan Open Vehicle Routing Problem (OVRP) dengan menggunakan Algoritma Artificial Bee Colony dan Algoritma Firefly. Open Vehicle Routing Problem (OVRP) adalah variasi dari Vehicle Routing Problem (VRP) dimana kendaraan tidak harus kembali ke depot setelah melayani pelanggan terakhir. Hybrid algoritma Artificial Bee Colony dan Algoritma Firefly adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara melakukan proses pada algoritma Artificial Bee Colony terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan proses Algoritma Firefly. Secara umum, proses diawali dengan membangkitkan solusi awal, melakukan proses Artificial Bee Colony hingga maksimum iterasi terpenuhi, pemilihan solusi awal untuk Algoritma Firefly, melakukan proses Algoritma Firefly hingga maksimum iterasi terpenuhi. Program yang digunakan untuk menyelesaikan OVRP dengan algoritma Artificial Bee Colony dan Algoritma Firefly adalah Borland C++ dan diimplementasi menggunakan 3 contoh kasus, data kecil dengan 12 pelanggan, data sedang 50 pelanggan dan data besar 100 pelanggan. Berdasarkan hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa semakin banyak populasi dan iterasi Artificial Bee Colony maka biaya yang didapatkan semakin minimum dan jumlah iterasi Firefly Algorithm tidak mempengaruhi biaya minimal yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 22-19 Feb h
Uncontrolled Keywords: Algoritma Artificial Bee Colony (ABC), Algoritma Firefly (FA), Vehicle Routing Problem (VRP), Open Vehicle Routing Problem (OVRP).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
MIFTA FITRI FEBRIANI, 081311233029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:03
Last Modified: 24 Apr 2019 01:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item