DAMPAK RELIGIUSITAS DAN SENSITIVITAS ETIS TERHADAP KEPUTUSAN ETIKA AKUNTANSI DAN AKADEMIK (Studi Empiris di Universitas Airlangga)

AORA ALKAHFI, 041511333152 (2019) DAMPAK RELIGIUSITAS DAN SENSITIVITAS ETIS TERHADAP KEPUTUSAN ETIKA AKUNTANSI DAN AKADEMIK (Studi Empiris di Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (144kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Trust atau kepercayaan publik dalam dunia profesi akuntansi menjadi masalah utama selama bertahun-tahun. Skandal akuntansi di dunia memberikan gambaran bahwa masalah etika masih belum terselesaikan. Dalam penelitian ini diambil kasus dilema etis akuntansi dan akademik dalam perspektif mahasiswa. Secara tidak langsung ketika seorang yang bekerja dan membuat etika yang tidak baik akan berdampak kepada tempat dimana ia kuliah dahulu. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan etis adalah religiusitas dan sensitivitas etis. Sampel sebanyak 239 orang dari mahasiswa aktif S1 Akuntansi Universitas Airlangga diambil dan hasilnya diolah dengan SPSS dengan analisis regresi linier. Hasilnya, religiusitas berpengaruh signifikan terhadap evaluasi dilema etis akademik tetapi tidak signifikan terhadap dilema etis akuntansi. Sedangkan untuk sensitivitas etis yang diukur dengan konstruk Multidimensional Ethics Scale (MES) berpengaruh signifikan terhadap evaluasi dilema etis akuntansi dan akademik. Etika akuntansi dan etika akademik memiliki korelasi satu sama lain dan dapat dikatakan mahasiswa menilai hal tersebut sebagai dilema etis yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 116/19 Alk d
Uncontrolled Keywords: Accounting Ethics, Academic Ethics, Religiosity, Multidimensional Ethics Scale, Ethical Sensitivity, College Student
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
AORA ALKAHFI, 041511333152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDamai Nasution, Dr. Sc. , S.E., M.Si., Ak. CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:45
Last Modified: 26 Apr 2019 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item