PENGARUH LOGOCARE TERHADAP MEANING OF LIFE DAN QUALITY OF LIFE LANSIA DI PANTI WERDHA SEMARANG PENELITIAN QUASY-EXPERIMENT

Tamara Regina Vallentina, 131711123077 (2019) PENGARUH LOGOCARE TERHADAP MEANING OF LIFE DAN QUALITY OF LIFE LANSIA DI PANTI WERDHA SEMARANG PENELITIAN QUASY-EXPERIMENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 17-19 Val p Abstrak.pdf

Download (59kB)
[img] Text (Fulltextext)
FKP.N. 17-19 Val p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Lanjut usia rentan akan penurunan makna hidup dan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh logocare terhadap meaning of life dan quality of life pada lansia yang tinggal di panti. Metode: penelitian ini menggunakan metode quasy-experimental pretest-posttest with control group design. 60 orang responden dikategorikan ke dalam kelompok perlakuan dan kelompok kontrol secara acak (single blind). Variabel independen adalah logocare dan variabel dependen adalah meaning of life dan quality of life. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner meaning in life dan kuesioner WHOQOL-BREF. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann Whitney Test dengan nilai α=0,05. Hasil: Ada perbedaan meaning of life dan quality of life sebelum dan sesudah logocare pada kelompok perlakuan (p=0,001), tetapi tidak terdapat perbedaan meaning of life dan quality of life pada kelompok kontrol. Ada perbedaan yang signifikan pada meaning of life antara kelompok perlakuan (p=0,001) dan kelompok kontrol (p=1,000), dan pada quality of life antara kelompok perlakuan (p=0,001) dan kelompok kontrol (p=1,000). Diskusi: Logocare dapat meningkatkan meaning of life dan quality of life pada lansia dengan konseling rutin di panti. Perawat gerontik dapat menambahkan frekuensi pertemuan logocare, sehingga diharapkan responden dapat mencapai penemuan meaning and quality of life yang optimal. Penelitian selanjutnya dapat menilai pengaruh logocare terhadap penderita penyakit kronis yang mengalami gangguan konsep diri, gangguan peran dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 17-19 Val p
Uncontrolled Keywords: lansia, logocare, makna hidup, kualitas hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Tamara Regina Vallentina, 131711123077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Misbahatul M.Has, S.Kep, M.KepUNSPECIFIED
Thesis advisorSetho Hadisuyatmana, S.Kep.Ns.,M.NS,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Apr 2019 05:47
Last Modified: 29 Apr 2019 05:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item