STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATAN IKLIM INVESTASI MELALUI CITY BRANDING DI KABUPATEN JOMBANG

Rafiqa Fiqrilya, 071411131067 (2019) STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATAN IKLIM INVESTASI MELALUI CITY BRANDING DI KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.04 19 Fiq s.pdf

Download (137kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.04 19 Fiq s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemerintah dalam meningkatkan iklim investasi melalui City Branding di Kabupaten Jombang. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah globalisasi ekonomi yang mendorong adanya persaingan yang semakin kompetitif. Untuk itu City Branding diperlukan untuk memperkenalkan, mempromosikan, menarik investor melalui peningkatan daya tarik dan identitas daerah sebagaimana tertuang dalam Keputusan Bupati Jombang Nomor : 188.4.45/134/415.10.10/2014. Atas usahanya dalam meningkatkan iklim investasi, Kabupaten Jombang secara rutin memperoleh penghargaan investment award dengan data izin investasi yang terus naik tiap tahunnya. Namun, City Branding hanya sekadar menjadi tagline tanpa adanya tindak lanjut melalui strategi yang tepat dari pemerintah. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melalukan penelitian. Untuk mengetahui strategi pemerintah melalui City Branding dalam meningkatkan iklim investasi menggunakan teori dari Hao Sheng Yu dan Liu Jing Ping melalui 4 elemen penelitian yaitu analisis lingkungan organisasi, menentukan target market, melakukan brand positioning dengan mengintegrasikan sumber daya yang dimiliki, serta membangun dan mengklarifikasi identitas merek yang mampu menarik dan memberikan value pada target market. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara secara mendalam, observasi, dokumentasi, Penentuan informan dilakukan secara purposive dan dilanjutkan dengan snowball. Analisis data kualitatif dilakukan secara bertahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi City Branding yang digunakan adalah (a) Analisis lingkungan organisasi baik internal maupun eksternal; (b) Dalam menentuan target market pemerintah Kabupaten Jombang tidak memiliki segmentasi khusus karena Kabupaten Jombang tidak fokus pada satu komoditi unggulan yang dijadikan sebagai potensi dalam menarik investor; (c) Penentuan brand positioning yang dilakukan melalui media sosialisasi seperti website, pameran budaya kabupaten, pameran investasi nasional, dan business gathering; (d) Mengklarifikasi brand positioning dengan memberikan value kepada target market melalui identitas yang menjadi ciri khas kota, pelayanan prima sebagai wujud pelayanan terbaik bagi target market, dan proses pelayanan perizinan berbasis online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.04/19 Fiq s
Uncontrolled Keywords: Strategi pemerintah , City Branding, iklim investasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rafiqa Fiqrilya, 071411131067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:06
Last Modified: 18 Dec 2019 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item