HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RSUD PROF DR.WZ. JOHANNES KUPANG-NTT PENELITIAN DESKRIPTIF KORELASIONAL PENDEKATAN CROSS SECTIONAL

YANI ARNOLDUS TOULASIK, 131711123058 (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RSUD PROF DR.WZ. JOHANNES KUPANG-NTT PENELITIAN DESKRIPTIF KORELASIONAL PENDEKATAN CROSS SECTIONAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 19-19 Tou h Abstrak.pdf

Download (326kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 19-19 Tou h.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Dukungan keluarga adalah salah satu jenis dukungan yang paling penting dengan tujuan mencapai kontrol tekanan darah yang optimal. Dukungan keluarga dapat diberikan dalam bentuk dukungan emosional, penghargaan, instrumental dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga, kepatuhan untuk minum obat dan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi di RSUD. Prof. Dr.DR. Z. Johannes Kupang. Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien hipertensi di Rumah Sakit Prof. Dr.DR. Z. Johannes Kupang. Besar sampel adalah 200 responden menggunakan purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Variabel independen adalah dukungan keluarga sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan minum obat dan tekanan darah. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan observasi kemudian dianalisis menggunakan Spearman Rho dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat (p = 0,000); antara kepatuhan minum obat dan tekanan darah sistolik (p = 0,000) dan antara kepatuhan minum obat dengan tekanan darah diastolik (p = 0,000). Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga berhubungan dengan kepatuhan pasien dalam minum obat dan tekanan darah. Peneliti selanjutnya disarankan meneliti penyebab dukungan keluarga yang baik tetapi tidak patuh minum obat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 19-19 Tou h
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, Kepatuhan Minum Obat, Hipertensi, Tekanan Darah
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YANI ARNOLDUS TOULASIK, 131711123058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNinuk Dian Kurniawati, Dr., S.Kep.Ns.,MANPUNSPECIFIED
ContributorErna Dwi Wahyuni, S.Kep.Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:08
Last Modified: 29 Apr 2019 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item