PENGGUNAAN METODE CERVICAL VERTEBRAE MATURATION(CVM) DAN TAHAP PERKEMBANGAN GIGI HELLMAN STAGEUNTUK MELIHAT KESESUAIAN USIA KRONOLOGIS PADA ANAK

Wahyudi Sudarsono, 021618046301 (2019) PENGGUNAAN METODE CERVICAL VERTEBRAE MATURATION(CVM) DAN TAHAP PERKEMBANGAN GIGI HELLMAN STAGEUNTUK MELIHAT KESESUAIAN USIA KRONOLOGIS PADA ANAK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.PGA. 02-19 Sud p Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PGA. 02-19 Sud p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Bencana dapat diakibatkan baik oleh alam maupun manusia. Disaster Victim Identification (DVI) adalah suatu prosedur untuk mengidentifikasi korban meninggal akibat bencana massal secara ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan mengacu pada standar baku Interpol. Gambaran radiografi yang digunakan dalam proses estimasi umur merupakan salah satu alat dasar identifikasi pada ilmu forensik. Hassel dan Farman menganalisa maturasi tulang dengan menggunakan foto sefalometri. Cervical Vertebrae Maturation (CVM) dari tulang vertebra C2, C3, C4 yang terlihat pada sefalometri ditetapkan sebagai acuan analisis ini. Tahap perkembangan gigi juga dapat diterapkan sebagai metode untuk memprediksi usia. Perkembangan gigi Hellman Stage didefinisikan sebagai tahap perkembangan gigi dimana dalam setiap tahap menunjukkan status erupsi gigi. Dengan menggunakan foto sefalometri dan model studi pada perawatan ortodontik kita dapat mengetahui tahap Cervical Vertebrae Maturation (CVM) dan juga tahap perkembangan gigi. Sehingga dengan diketahuinya tahap Cervical Vertebrae Maturation (CVM) dan juga tahap perkembangan gigi Hellman Stage, kita dapat menentukan usia kronologis seseorang. Tujuan: Membandingkan penggunaan metode Cervical Vertebrae Maturation (CVM) dan metode perkembangan gigi Hellman Stage untuk melihat kesesuaian usia kronologis pada anak. Metode: Foto sefalometri dan model studi yang kondisi masih baik dilakukan analisis kematangan tulang Cervical Vertebrae Maturation (CVM) dan analisis tahap perkembangan gigi Hellman Stage dengan model studi. Data tingkat maturasi tulang CVM dan tahap perkembangan gigi Hellman Stage yang diperoleh kemudian dilakukan perbandingan kecocokan antara usia kronologis dengan usia CVM dan perbandingan usia kronologis dengan usia Hellman Stage. Hasil: Dari perbandingan antara usia kronologis dengan usia CVM serta perbandingan antara usia kronologis dengan usia Hellman Stage didapat nilai kecocokan lebih besar pada usia Hellman Stage. Kesimpulan: Metode perkembangan gigi Hellman Stage lebih akurat dibanding dengan metode Cervical Vertebrae Maturation (CVM) untuk melihat kesesuaian usia kronologis pada anak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PGA. 02-19 Sud p
Uncontrolled Keywords: CVM, Hellman Stage, Usia
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Wahyudi Sudarsono, 021618046301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeno Pradopo, Prof., drg., SU., Ph.D., Sp. KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorBetadion Rizki Sinaredi, drg., Sp.KGA., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:31
Last Modified: 29 Apr 2019 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item