Partisipasi Masyarakat dalam Program TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) di Kota Mojokerto

Hesti Ani Safitri, 071111054 (2019) Partisipasi Masyarakat dalam Program TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) di Kota Mojokerto. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.08 19 Saf p.pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.08 19 Saf p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dan faktor-faktor dominanyang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam program TPST (Tempat Pengelolaan sampah Terpadu) di Kota Mojokerto. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan sampah yang dialami oleh Kota Mojokerto berupa sejak adanya program TPST tahun 2016, volume sampah di Kota Mojokerto menurun. Teori yang digunakan untuk menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat menurut Kaho, serta faktor – faktor yang mempengaruhi partisipasi menurut Slamet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Data diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari bentuk partisipasinya masyarakat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, pelaksanaan, dan pemanfaatan hasil. Namun tidak berpartisipasi dalam proses evaluasi. Sedangkan dari derajat partisipasinya ternyata masyarakat berada dalam derajat interaktif dalam hal pembuatan keputusan, derajat mandiri dalam hal pelaksanaan dan pemanfaatan hasil, dan derajat konsultatif dalam proses evaluasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motif yang mempengaruhi partisipasi masyarakat adalah motif psikologi, motif keagamaan, motif ekonomi, motifsosial, dan motif komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.08/19 Saf p
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Program, Pengelolaan Sampah Terpadu
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hesti Ani Safitri, 071111054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Apr 2019 10:26
Last Modified: 18 Dec 2019 02:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item