STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KAMPUNG LOGAM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA NGINGAS KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

ALDY PUTRA PIGUNA, 071411131026 (2019) STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KAMPUNG LOGAM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA NGINGAS KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.15 19 Pig s.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.15 19 Pig s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara rinci terkait dengan bagaimana strategi Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan UMKM kampung logam untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo dan Kampung Logam desa Ngingas kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan berkembang menjadi snowball sampling. Data yang terkumpul diperoleh melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Disperindag Kabupaten Sidoarjo dalam pemberdayaan UMKMKampung Logam yakni menggunakan strategi intensif melalui pengembangan produk, strategi pengembangan pasar dan strategi penetrasi pasar. Selain itu Disperindag Kabupaten Sidoarjo juga menggunakan bantuan pemberdayaan melalui aspek kemitraan untuk pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.15/19 Pig s
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi, Pemberdayaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ALDY PUTRA PIGUNA, 071411131026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:18
Last Modified: 18 Dec 2019 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item