KINERJA DINAS KEBERSIHAN DAN RUANG TERBUKA HIJAU KOTA SURABAYA DALAM MENANGANI SAMPAH SETELAH ADANYA PROGRAM SOLID WASTE APPLICATION TRANSPORTATION (SWAT)

VEBRY RAYAN ARIZKY, 071411131008 (2019) KINERJA DINAS KEBERSIHAN DAN RUANG TERBUKA HIJAU KOTA SURABAYA DALAM MENANGANI SAMPAH SETELAH ADANYA PROGRAM SOLID WASTE APPLICATION TRANSPORTATION (SWAT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.17 19 Ari k.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.17 19 Ari k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya dalam menangani sampah dengan adanya program SWAT, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan program SWAT. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan peningkatan volume timbulan sampah, khususnya di Surabaya, merupakan kota besar yang memiliki volume sampah cukup tingggi diantara kota-kota besar lainnya. Sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, DKRTH Kota Surabaya melakukan inovasi teknologi yang disebut Solid Waste Application Transportation (SWAT). SWAT merupakan sistem monitoring. Dimana dalam pembuangan sampah terakhir yang diangkut oleh truk-truk yang telah disediakan oleh DKRTH serta dilakukan penimbangan, kemudian hasil penimbangan tersebut sudah terinput secara otomatis melalui program SWAT. Untuk mengetahui kinerja DKRTH Kota Surabaya setelah adanya SWAT digunakan teori kinerja organsiasi publik dengan indikator responsivitas, responsibilitas, efektivitas, dan efisiensi. Metode penelitian menggunakan kualtiatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja DKRTH Kota Surabaya dalam menangani sampah melalui program SWAT dinilai sudah cukup baik melalui aspek responsivitas, responsibilitas, efektivitas, dan efisiensi karena lebih mempermudah kerja DKRTH Kota Surabaya dalam menangani sampah. Adapun kendala yang dihadapi adalah sistem SWAT terhambat pada hal dukungan, sistem SWAT terkendala alokasi anggaran untuk pengembangan, sistem SWAT terbatas sumber daya manusia, penerapan SWAT tidak terdapat anggaran khusus, aplikasi program SWAT tidak ada Peraturan Walikota (Perwali), dan pengaplikasian Program SWAT hanya terbatas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.17/19 Ari k
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Sampah, Program SWAT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
VEBRY RAYAN ARIZKY, 071411131008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni Triana, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:46
Last Modified: 18 Dec 2019 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item