PENGARUH PENGGUNAAN VISUAL SUPPORT TERHADAP PERBAIKAN KLINIS ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) DI UNIT PELAYANAN TERPADU DAERAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (UPTD ABK) SIDOARJO

Tiwik Koesdiningsih, NIM011529089302 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN VISUAL SUPPORT TERHADAP PERBAIKAN KLINIS ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) DI UNIT PELAYANAN TERPADU DAERAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (UPTD ABK) SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IKJ. 04-19 Koe p Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IKJ. 04-19 Koe p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pada masa sekarang ini data dari Indonesia dan luar negeri menunjukkan pasien anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) semakin meningkat. Prevalensi ASD yang meningkat, kesadaran orang tua akan perlunya penegakan diagnosis secara dini, edukasi, penatalaksanaan maupun pelayanan kesehatan bagi anak dengan ASD menjadi meningkat pula. Anak dengan ASD lebih mudah belajar dengan penglihatan (visual learner) dan memiliki kemampuan memori visual yang lebih baik dan bertahan lama. Oleh karena itu visual support merupakan salah satu pilihan terapi untuk anak dengan ASD. Visual Support merupakan metode sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan gambar benda atau bagian dari benda, foto dari suatu benda, tulisan kata yang terbaca oleh indra penglihatan. Metode visual support yang di gunakan dalam penelitian ini telah disesuaikan dengan budaya Indonesia. Tujuan : Membuktikan pengaruh penggunaan visual support terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD. Metode : Penelitian ini adalah suatu studi observasional, untuk menilai pengaruh penggunaan visual support terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD di UPTD ABK Sidoarjo. Penelitian dilakukan selam 3 bulan atau 12 kali visual support, yang dilakukan mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2018. Tehnik pengambilan subyek penelitian secara Consecutive sampling, dilakukan pre-test dan post-test design. Alat ukur menggunakan CARS versi Bahasa Indonesia yang sudah dilakukan validasi. Hasil : Didapatkan hubungan bermakna antara visual support dan perbaikan gejala klinis (Nilai CARS) dengan nilai p<0,001. Simpulan : Pemberian visual support berpengaruh bermakna terhadap perbaikan klinis interaksi sosial, komunikasi (non verbal) dan psikomotor (terutama motorik kasar). Tidak untuk kesan umum dan tingkat konsistensi respon intelektual.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ. 04-19 Koe p
Uncontrolled Keywords: Gangguan Spektrum Autisme, Childhood Autism Rating Scale, Visual Support
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Tiwik Koesdiningsih, NIM011529089302NIM011529089302
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLestari Basoeki, Prof., dr., SpKJUNSPECIFIED
Thesis advisorNining Febriyana, dr., Sp.KJ(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:13
Last Modified: 30 Apr 2019 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item