ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PENGADAAN BAHAN BAKU SARANGAN MESIN PIPIL CENGKEH DENGAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) PADA PT. CAHAYA AGRO TEKNIK

NUR AINI RUVAEDAH, 041511233064 (2019) ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PENGADAAN BAHAN BAKU SARANGAN MESIN PIPIL CENGKEH DENGAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) PADA PT. CAHAYA AGRO TEKNIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
B. 139 - 19 Ruv a Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text (Fulltext)
B. 139 - 19 Ruv a.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Cahaya Agro Teknik menjadi salah satu perusahaan yang menciptakan mesin pemipil cengkeh. Selama berlangsungnya aktivitas perusahaan, sering terjadi risiko pada proses pengadaan bahan baku sarangan mesin pipil cengkeh. Untuk mengantisipasi risiko yang terjadi, penerapan manajemen risiko yang tepat menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis perancanagan aksi mitigasi risiko menggunakan model House of Risk (HOR). Berdasarkan hasil analisis diperoleh 16 kejadian risiko. Hasil identifikasi dari 16 kejadian risiko teridentifikasi 19 penyebab risiko (risk agent). Berdasarkan hasil pengolahan House of Risk 1 didapatkan sembilan risk agent dengan nilai Aggregate Risk Potential (ARP) yang tertinggi, yaitu : kurangnya koordinasi antar fungsi departemen terkait, terbatasnya supplier sarangan, permintaan mendadak dari konsumen, ketersediaan bahan baku sangat terbatas, supplier baru sehingga butuh adaptasi, desain yang diinginkan CA sulit, hasil negoisasi tidak menghasilkan harga terbaik, adanya minimum order, supplier sulit dihubungi. Pengolahan House of Risk 2 mendapatkan prioritas strategi mitigasi yaitu : mencari supplier lain dalam negeri maupun luar negeri (PA2), flexible supply dengan melakukan pembelian dari beberapa supplier (PA3), melakukan safety stock bahan baku sarangan (PA4), memproduksi sendiri bahan baku sarangan (PA6), peningkatan kemampuan negosiasi (PA7), melakukan koordinasi intensif antar fungsi departemen untuk kejelasan (PA1), mengelola hubungan secara efektif dengan supplier (PA5), membuat kesepakatan dengan supplier (PA8), menggunakan software untuk memantau kinerja supplier (PA9). Melalui penelitian ini diharapkan PT. Cahaya Agro Teknik dapat menggambarkan berbagai risiko yang ada, beserta dampak yang ditimbulkan dan kemungkinan untuk dideteksi sebagai dasar dalam penyusunan strategi mitigasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 139 - 19 Ruv a
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko Pengadaan, Mitigasi, House of Risk (HOR)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NUR AINI RUVAEDAH, 041511233064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr. Hj., SE., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:54
Last Modified: 30 Apr 2019 09:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82138
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item