DAMPAK PEMBAYARAN ZAKAT PADA PERILAKU KONSUMSI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DEPARTEMEN AGAMA KOTA SURABAYA

Aris Kurniawan Ridho, 041311433118 (2019) DAMPAK PEMBAYARAN ZAKAT PADA PERILAKU KONSUMSI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DEPARTEMEN AGAMA KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FEB.EI. 71 -19 Rid d Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text (Fulltext)
FEB.EI. 71 -19 Rid d.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak dari pembayaran Zakat pada perilaku konsumsi PNS di Departemen Agama Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi pada pihak-pihak yang terkait, sedangkan data sekunder didapatkan melalui media cetak, elektronik maupun internet tentang perilaku konsumsi, data penunjang dari berbagai jurnal, buku-buku yang relevan terhadap penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembayaran zakat memberikan dampak yang berbeda terhadap perilaku konsumsi pada PNS Depag Kota Surabaya. Ketika gaji mereka dipotong sesuai dengan ketentuan zakat maka perilaku konsumsi untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari terasa berbeda jika gaji mereka dipotong untuk pembayaran zakat. Efisiensi pembayaran zakat atau pemungutan zakat merupakan salah satu alasan PNS Depag Kota Surabaya masih tetap melaksanakan pembayaran zakat sesuai dengan ketentuan yang ada. Sebagian besar manfaat yang dirasakan adalah PNS Depag Kota Surabaya lebih sadar terhadap kewajiban berzakat dan menjalani norma perilaku konsumsi secara Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 71 -19 Rid d
Uncontrolled Keywords: zakat, perilaku konsumsi dalam islam
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
Aris Kurniawan Ridho, 041311433118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Herianingrum, Hj., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Apr 2019 11:49
Last Modified: 30 Apr 2019 11:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item