PEREMPUAN DAN POLIGAMI DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA

ITSNAINI LAILIYAH ANANDA, 121414153005 (2019) PEREMPUAN DAN POLIGAMI DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKSB. 07-19 Ana p Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text (Fulltext)
TKSB. 07-19 Ana p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2022.

Download (718kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Perempuan dan Poligami dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia. Penelitian ini mengkaji dua permasalahan yaitu bagaimana struktur teks di dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan ini, dan bagaimana poligami dihadirkan dalam teks oleh Asma Nadia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis struktural yang terdapat dalam teks dan mendeskripsikan bagaimana problematika perempuan dalam poligami dihadirkan oleh Asma Nadia dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan. Penelitian ini menggunakan teori struktural dari Robert Stanton untuk menganalisis struktur teks dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan dari Asma Nadia dan kritik sastra feminis yang mengacu pada teori politik seksualitas dari Kate Millet untuk menunjukkan adanya ketidakadilan yang dialami oleh perempuan karena poligami, karena perempuan selalu berada di dalam politik yang mengakibatkan keadaan dilematis bagi mereka termasuk dalam keadaan dipoligami. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu dari identifikasi fakta cerita menunjukkan tokoh perempuan-perempuan dalam novel ini mengkontruksi identitas feminim yang selama ini diidentikkan dengan sosok subjek yang pasif menjadi sosok subjek yang aktif dan dinamis dan menunjukkan bahwa permpuan memiliki hak atas tubuhnya sehingga ia dapat memutuskan apa yang akan dilakukannya sesuai dengan keinginanya. Ketidakadilan yang dialami oleh perempuan akibat poligami menunjukkan karakter politis dari keyakinan patriarkal tentang perempuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB. 07-19 Ana p
Uncontrolled Keywords: Kritik sastra feminis, politik seksualitas, poligami, struktur teks, teks, perempuan, poligami
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ981-996 Polygamy
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
ITSNAINI LAILIYAH ANANDA, 121414153005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Nurul Chasanah, Dr., S.S., M. HumUNSPECIFIED
Thesis advisorNur Wulan, Dra., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 May 2019 07:58
Last Modified: 28 Jun 2019 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item