POLITIK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN PACITAN

VICCY KURNIASANNDI, 071511333041 (2019) POLITIK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.25 19 Kur p.pdf

Download (64kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.25 19 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.25 19 Kur p.pdf

Download (125kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan pembangunan infrastruktur jalan, dengan alasan wilayahnya yang terdiri dari pegunungan dan perbukitan serta jauh dari pusat kota, sehingga sulit untuk mendapatkan akses. Dalam hal ini, pemilihan atau arah kebijakan sangat menentukan proses pembangunan khususnya infrastruktur jalan. Fokus disini terkait bagaimana kebijakan tersebut diputuskan serta proses pemilihan prioritas dalam pembangunan infrastruktur jalan itu sendiri beserta siapa saja pihak-pihak yang dilibatkan serta bagaimana interaksinya merupakan salah satu kunci untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan yang dapat memberikan manfaat untuk khalayak banyak. Penelitian ini menggunakan kerangka teori pengambilan keputusan (Decision Making) dimana pengambilan suatu keputusan dapat dianggap sebagai hasil atau output dari proses mental atau kognitif yang menuntun pada pemilihan di suatu jalur tindakan antara beberapa alternatif yang ada atau tersedia. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembangunan, seperti Bappeda, DPRD, Dinas PUPR, Sekretariat Daerah, dan LSM. Hasil dari penelitian ini adalah penting untuk membuat prioritas pembangunan untuk mendahulukan pembangunan yang memang sangat dibutuhkan. Interaksi antar kepentingan ataupun kekuatan politik dalam pembuatan kebijakan pembangunan memang saling bekerjasama secara bersinergi tetapi tetap menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing, agar dapat menciptakan pembangunan yang diinginkan dengan berlandaskan prioritas pembangunan dengan menilik kondisi, potensi wilayah, hingga penyesuaian prioritas per lembaga daerah. Oleh karenanya, pengambilan suatu kebijakan sangat berpengaruh terhadap hasil dari suatu kebijakan itu nantinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.25/19 Kur p
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Politik Pembangunan, Infrastruktur, Jalan, Pengambilan Keputusan
Subjects: J Political Science
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
VICCY KURNIASANNDI, 071511333041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPriyatmoko Dirdjosuseno, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 May 2019 03:49
Last Modified: 08 May 2019 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item