PERTARUNGAN KEPENTINGAN : PENERTIBAN TATA RUANG REKLAME/IKLAN DI KOTA SURABAYA

Paramita Ajeng Novatania, 071113077 (2019) PERTARUNGAN KEPENTINGAN : PENERTIBAN TATA RUANG REKLAME/IKLAN DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.29 19 Nov p.pdf

Download (90kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.29 19 Nov p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.29 19 Nov p.pdf

Download (217kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan PAD di Kota Surabaya dapat ditingkatkan melalui pemasukan pajak reklame karena pengusaha memanfaatkan ruang publik yang banyak tersedia. Penyelenggarakan reklame di Kota Surabaya nampaknya belum berjalan sesuai aturan yang berlaku. Hal ini terlihat masih banyaknya reklame liar tanpa izin dan pemasangan reklame yang tidak tepat sasaran dan letak pemasangan tidak tinggal diam dalam menanggapi permasalah tersebut sehingga berupaya menerapakan penertiban untuk mewujudkan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat Surabaya. Untuk membahas permasalahan yang ada dalam implementasi Perwali No. 21 Tahun 2018 ini maka penulis menggunakan teori kelompok kepentingan Gabriel Almond yang menjelaskan bahwa kelompok kepentingan dijadikan struktur politik pada kepemerintahan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yakni dengan mendeskripsikan proses konfigurasi kepentingan antara pengusaha reklame dengan pemerintah. Adapun kelompok kepentingan tersebut ternyata juga dipengaruhi oleh tarik-menarik kepentingan pemangku kepentingan yang terlibat seperti Dinas Pendapatan dan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Satpol PP, Anggota DPRD Kota Surabaya, Pengusaha Reklame, Biro Iklan, Pemilik Lahan. Dengan adanya tarik-menarik kepentingan oleh aktor-aktor tersebut maka pelaksanaan kebijakan Perwali No. 21 Tahun 2018 belum efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.29/19 Nov p
Uncontrolled Keywords: Kota Surabaya, Kelompok Kepentingan, Reklame Liar, Pendapatan Asli Daerah, Pemangku Kepentingan
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Paramita Ajeng Novatania, 071113077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 May 2019 04:25
Last Modified: 08 May 2019 04:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item