TEKNIK PEMBENIHAN PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR (IBAT) PANDAAN

ARUM DANAR PAMUKTI, 141511133142 (2018) TEKNIK PEMBENIHAN PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR (IBAT) PANDAAN. Fakultas Perikanan dan Kelautan: Budidaya Perairan, Universitas Airlangga Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 68 -19 Pam t Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 68 -19 Pam t.pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias ekonomis tinggi yang dibudidayakan di air tawar. Keindahan corak warna dan bentuk tubuh yang dimiliki adalah nilai dari ikan hias ini. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui teknik pembenihan ikan koi (Cyprinus carpio) dan mengetahui permasalahan yang ada dalam proses pembenihan ikan koi (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Pandaan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Pandaan pada tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Sedangkan pengambilan data sekunder diperoleh dari hasil riset, dokumentasi atau pustaka akademis yang berkaitan dengan kegiatan teknik pembenihan ikan koi. Teknik pembenihan ikan koi (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Pandaan meliputi persiapan kolam, pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva, pengelolaan kualitas air dan pengendalian hama dan penyakit. Kualitas air meliputi pH berkisar antara 7-8 dan suhu berkisar antara 27ºC-29ºC. Pemijahan dilakukan dengan secara alami dengan perbandingaan induk jantan dan betina 1:1. Pakan yang diberikan pada benih adalah cacing Tubifex. Tidak ditemukan penyakit pada pembenihan ikan koi (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Pandaan. Daya tetas telur ikan koi adalah 74,7% dan survival rate benih sekitar 65,1%. Permasalahan yang timbul dalam pembenihan ikan koi di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Pandaan seperti hama yang terdapat di kolam benih yaitu keong dan katak.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 68 -19 Pam t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembenihan, Ikan Koi (Cyprinus carpio)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ARUM DANAR PAMUKTI, 141511133142UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 May 2019 07:20
Last Modified: 08 May 2019 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item