EFEKTIVITAS KONSELING KONTRASEPSI DENGAN ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN (ABPK) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi Eksperimental pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Gading Tahun 2019)

Daranindra Dewi Saraswati, NIM011711223022 (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KONTRASEPSI DENGAN ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN (ABPK) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi Eksperimental pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Gading Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FK.BID. 02-19 Sar e Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text (Fulltext)
FK.BID. 02-19 Sar e.pdf
Restricted to Registered users only until 9 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan metode kontrasepsi dengan efektivitas tinggi terdiri dari IUD, implan dan kontrasepsi mantap. Penggunaan MKJP yang rendah menyebabkan berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penggunaan MKJP. Konseling kontrasepsi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan penggunaan MKJP pasca persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan konseling kontrasepsi dengan Alat Bantu Pengambilan Keputusan (ABPK) dan konseling lisan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester III mengenai MKJP. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental terdiri dari 2 kelompok, kelompok perlakuan berupa konseling kontrasepsi dengan ABPK dan kelompok kontrol berupa konseling secara lisan. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling masing-masing kelompok 35 orang, total responden 70 orang. Variabel independen pada penelitian ini yaitu konseling kontrasepsi; variabel terikat adalah pengetahuan dan sikap mengenai MKJP. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (Wilcoxon Signed Rank Test, Mc Nemar, Mann-Whitney Test dan Chi Square). Hasil: Nilai pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan pada kelompok perlakuan (74,3%) pada kategori baik, sementara kelompok kontrol (62,9%) pada kategori baik dan cukup. Perubahan sikap terkait MKJP ditemukan baik di kelompok perlakuan (73,1%) dan kontrol (9,4%). Pengaruh intervensi terhadap pengetahuan didapatkan dengan Mann-Whitney Test signifikansi p=0,000 (p<0,05). Pengaruh intervensi terhadap sikap didapatkan uji Chi Square nilai signifikansi p=0,001 (<0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap yang bermakna pada kelompok perlakuan antara pretest-posttest. Terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok kontrol, sementara tidak terdapat perbedaan sikap yang bermakna pada kelompok kontrol antara pretest-posttest. Ada perbedaan bermakna antara konseling ABPK dan lisan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang MKJP, sehingga pemberian konseling dengan ABPK lebih efektif dibanding konseling secara lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID. 02-19 Sar e
Uncontrolled Keywords: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Konseling Kontrasepsi, Pengetahuan terhadap MKJP, Sikap terhadap MKJP, Alat Bantu Pengambilan Keputusan Ber-KB (ABPK)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Daranindra Dewi Saraswati, NIM011711223022NIM011711223022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAtika, S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Purwanti, S. Kp., S.ST. , M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 May 2019 05:31
Last Modified: 09 May 2019 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item