PENETAPAN HARGA DAN PENGUASAAN PASAR OLEH PERUSAHAAN DISTRIBUTOR BERDASARKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA

RIA PERMATA SUKMA, 031614153006 (2019) PENETAPAN HARGA DAN PENGUASAAN PASAR OLEH PERUSAHAAN DISTRIBUTOR BERDASARKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
THB. 07-19 Suk p Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text (Fulltext)
THB. 07-19 Suk p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Struktur pasar merupakan salah satu hal yang menentukan potensi terjadinya penetapan harga. Karakteristik pasar dengan hambatan masuk yang besar bagi pelaku usaha pendatang menyebabkan sulitnya pesaing untuk masuk sehingga barang substitusi tidak tersedia di pasar. Salah satu pelaku usaha di dalam pasar adalah distributor, yaitu perusahaan perdagangan nasional yang bertindak untuk dan atas namanya sendiri berdasarkan perjanjian dengan prinsipal atau produsen untuk melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran barang dan/atau jasa yang dimiliki/dikuasai. Di dalam kegiatan usahanya, terdapat aktivitas penentuan harga yang dilakukan oleh distributor dengan jaringannya pada pasar yang dikuasai, sehingga isu utama dalam penelitian ini adalah apakah penentuan harga tersebut termasuk kedalam perjanjian penetapan harga yang dilarang oleh Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis permasalahan yang diangkat adalah pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual untuk menelaah dan menemukan konsep hukum yang relevan dengan isu yang diangkat, sehingga menghasilkan jalan keluar bagi pelaku usaha menjadi lebih kompetitif dan terhindar dari perilaku anti persaingan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB. 07-19 Suk p
Uncontrolled Keywords: persaingan usaha, penetapan harga, penguasaan pasar, distributor, prinsipal
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7485-7495 Business associations. Business corporations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
RIA PERMATA SUKMA, 031614153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. Budi Kagramanto, Prof. Dr., S.H., M.H., M.M.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 May 2019 01:35
Last Modified: 10 May 2019 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item