PENGARUH KUALITAS INSTITUSI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG DI NEGARA EMERGING AND GROWTH LEADING ECONOMIES (EAGLES)

MC. DIAH NARESWARI, 041411131141 (2019) PENGARUH KUALITAS INSTITUSI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG DI NEGARA EMERGING AND GROWTH LEADING ECONOMIES (EAGLES). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
C. 76-19 Nar p Abstrak.pdf

Download (53kB)
[img] Text (Fulltext)
C. 76-19 Nar p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 May 2022.

Download (749kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menlihat interaksi antara investasi asing langsung, kualitas institusi, dan sumber daya alam di 12 negara EAGLEs (Emerging and Growth- Leading Economies). Penelitian ini menggunakan panel data dengan periode 10 tahun (2007-2016) untuk mengukur signifikansi determinan yang mempenngaruhi investasi asing langsung di negara EAGLEs. Analysis dilakukan menggunakan system estimasi GMM yang diperkenalkan oleh Blundell dan Bond (1998) untu mengestimasi model data linear dinamis. Penelitian ini melihat pengaruh keterbukaan perdagangan, stabilitas makroekonomi (tingkat inflasi), Stabilitas Politik, Kontrol Korupsi, Aturan Hukum, dan Sumber Daya Alam sebagai determinan. Factor-faktor ini diambil berdasarkan pengaruhnya pada penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua determinan secara signifikan mempengaruhi investasi asing langsung yang masuk ke negara EAGLEs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stabilitas politik, aturan hokum, sumber daya alam, keterbukaan perdagangan dan inflasi signifikan secara statistic. Korupsi tidak signifikan secara statistic dan aturan hokum memiliki pengaruh negative terhadap investasi asing langsung, yang mengindikaskan bahwa determinan institusi tidak terlalu penting dalam mempengaruhi investasi asing langsung. sumber daya alam memiliki efek negative terhadap investasi aisng langsung yang menunjukkan bahwa investasi asing langsung tidak didorong oleh kepentingan mencari sumber daya alam di negara EAGLEs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 76-19 Nar p
Uncontrolled Keywords: Kualitas Institusi, Sumber Daya Alam, Investasi Asing Langsung, EAGLEs
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
MC. DIAH NARESWARI, 041411131141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRossanto Dwi Handoyo, S.E., M.Si., Ph.D,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 May 2019 01:57
Last Modified: 13 May 2019 01:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item