PENGARUH ACADEMIC EMOTION TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

HANIFAH RAHMA ROSYIDA, 111511133083 (2019) PENGARUH ACADEMIC EMOTION TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 77-19 Ros p Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 77-19 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh academic emotion terhadap self regulated learning siswa SMP yang akan menghadapi Ujian Nasional. Self-Regulated Learning merupakan sebuah proses yang aktif dan konstruktif di mana siswa dapat menetapkan makna, tujuan, dan strategi bagi diri mereka sendiri dalam proses pembelajaran kemudian berusaha untuk memantau, mengatur, dan mengendalikan aspek kognisi, motivasi, dan perilaku yang dibimbing dan dibatasi oleh tujuan maupun fitur kontekstual di lingkungan mereka (Pintrich, 2000). Penelitian ini dilakukan pada 423 siswa SMP yang akan menghadapi Ujian Nasional. Alat pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner skala self-regulated learning yang disusun oleh penulis berdasarkan konstrak yang dikembangkan oleh Wolters, dkk (2005) dan skala Academic Emotion Questionnaire (AEQ) milik Pekrun, Goetz, Titz, & Perry (2005) yang telah dimodifikasi oleh Syarifiah (2017). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji multiple regresi melalui aplikasi SPSS Statistics 22 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan skor F = 196,772, p = 0,000 < 0,005 yang berarti terdapat pengaruh academic emotion terhadap self regulated learning siswa SMP yang akan menghadapi Ujian Nasional. Nilai R Square menunjukkan angka 0,484 yang berarti academic emotion memiliki sumbangan pengaruh sebesar 48,4% terhadap self regulated learning. Selain itu, persamaan garis regresi yang didapat adalah Y = 81,525 + 1,047X1 - 0,232X2 yang berarti setiap peningkatan positive academic emotion maka self-regulated learning individu akan meningkat sebesar 1,047 sebaliknya setiap peningkatan negative academic emotion maka self-regulated learning individu akan menurun sebesar 0,232.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 77-19 Ros p
Uncontrolled Keywords: academic emotion, self regulated learning, siswa sekolah menengah pertama, ujian nasional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
HANIFAH RAHMA ROSYIDA, 111511133083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihastuti, Dra., SU., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 May 2019 02:55
Last Modified: 13 May 2019 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item