PERILAKU NOMOPHOBIC PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

ANDREA MARIA AGNIWIJAYA, 111511133006 (2019) PERILAKU NOMOPHOBIC PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 78-19 Agn p Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 78-19 Agn p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nomophobia merupakan ketakutan ketika seseorang berada jauh dari ponsel maupun ponsel pintar, serta tidak dapat menggunakan fitur yang ada di dalamnya (Yildirim dan Correia, 2015). Perilaku nomophobic merupakan perilaku-perilaku seorang individu dengan ponsel pintarnya yang membentuk nomophobia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perilaku nomophobic pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Yildirim dan Correia menjelaskan bahwa terdapat empat dimensi nomophobia, yakni tidak dapat berkomunikasi, tidak dapat terhubung dengan lingkungan sekitar, tidak dapat mengakses informasi, serta merelakan kenyamanan untuk memanfaatkan fungsi ponsel pintar secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus instrumental yang melibatkan dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Teknik penggalian data menggunakan wawancara kualitatif dengan pedoman umum. Teknik analisis data menggunakan metode analisis tematik theory driven. Pemantapan kredibilitas penelitian dilakukan dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan perilaku nomophobic sedang hingga tinggi memiliki keinginan berkomunikasi yang tinggi, keinginan untuk mengikuti kehidupan teman sebaya yang tinggi, memiliki kebutuhan untuk mengakses informasi terutama yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan, serta memiliki kebutuhan yang mendorong untuk memanfaatkan fungsi ponsel pintar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 78-19 Agn p
Uncontrolled Keywords: perilaku nomophobic, dewasa awal, nomophobia, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.95-799.97 Adulthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ANDREA MARIA AGNIWIJAYA, 111511133006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHamidah, Dr., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 May 2019 03:01
Last Modified: 13 May 2019 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item