JENIS DAN FUNGSI KATA SAPAAN PADA ETNIS MADURA DI KABUPATEN BANGKALAN: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

FITRIARI ROSIDA, 121511133114 (2019) JENIS DAN FUNGSI KATA SAPAAN PADA ETNIS MADURA DI KABUPATEN BANGKALAN: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 26-19 Ros j Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 26-19 Ros j.pdf
Restricted to Registered users only until 14 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Jenis dan Fungsi Kata Sapaan pada Etnis Madura di Kabupaten Bangkalan: Suatu Kajian Sosiolinguistik” mengkaji tentang penggunaan kata sapaan yang digunakan oleh Etnis Madura dengan berbagai latar belakang sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi sapaan yang digunakan oleh Etnis Madura di Kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat 14 jenis sapaan (kata sapaan dalam jenis nama diri atau nama panggilan, jenis sapaan kekerabatan kepada saudara perempuan dari ayah dan ibu, jenis sapaan kekerabatan kepada saudara laki-laki dari ayah dan ibu, jenis sapaan kekerabatan kepada orang tua perempuan, jenis sapaan kekerabatan kepada orang tua laki-laki, jenis sapaan kekerabatan kepada saudara perempuan dan saudara laki-laki, jenis sapaan kekerabatan kepada orang tua laki-laki dari ayah dan ibu, jenis sapaan kekerabatan kepada orang tua perempuan dari ayah dan ibu, jenis sapaan kekerabatan kepada anak laki-laki dan anak perempuan, jenis sapaan kekerabatan istri kepada suami, jenis sapaan pronomina persona, jenis sapaan pronomina posesiva, jenis sapaan pronomina demonstrativa, dan kata sapaan dalam jenis nama gelar atau jabatan) dan lima fungsi sapaan (fungsi sapaan sebagai hubungan keakraban, fungsi sapaan sebagai tingkat kesopanan, fungsi sapaan untuk mengungkapkan perasaan dan sikap penutur, fungsi sapaan untuk menarik perhatian mitra tutur, dan fungsi sapaan untuk menjatuhkan mitra tutur).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 26-19 Ros j
Uncontrolled Keywords: sapaan, jenis dan fungsi sapaan, etnis Madura, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
FITRIARI ROSIDA, 121511133114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 May 2019 08:01
Last Modified: 14 May 2019 08:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item