PERBANDINGAN FUNGSI, KATEGORI, DAN PERAN ANTARA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB: ANALISIS KONTRASTIF

NAFISATUN NURROH, 121511133063 (2019) PERBANDINGAN FUNGSI, KATEGORI, DAN PERAN ANTARA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB: ANALISIS KONTRASTIF. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 28-19 Nur p Abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 28-19 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Perbandingan Fungsi, Kategori, dan Peran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab: Analisis Kontrastif” bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perbandingan fungsi, kategori, dan peran yang terdapat di antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan pendekatan sinkronis kontrastif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik simak dan catat. Metode penyajian hasil analisis data adalah menggunakan metode informal. Perbandingan antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab dilakukan berdasarkan fungsi, kategori, dan peran. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, dilihat dari fungsinya, fungsi bahasa Indonesia dan bahasa Arab memiliki perbedaan pada tata letak atau posisi fungsi dalam kalimat; kedua, berdasarkan fungsi dan kategori, peran yang dihasilkan di antara kedua bahasa adalah sama, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan, yaitu ketika S dalam BI dan BA berkategori V, ketika S dalam BI dan BA berkategori Adj, ketika P dalam BI dan BA berkategori V, ketika P dalam BI dan BA berkategori N, ketika O dalam BI dan BA berkategori V, dan ketika O dalam BI dan BA berkategori Adj.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 28-19 Nur p
Uncontrolled Keywords: analisis kontrastif, fungsi, kategori, peran, bahasa Indonesia, dan bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NAFISATUN NURROH, 121511133063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 May 2019 08:06
Last Modified: 14 May 2019 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item