MILITER DALAM FILM HISTORIKAL INDONESIA ERA REFORMASI: ANALISIS STRUKTURALSEMIOTIK FILM TRILOGI MERDEKA (2009-2011)

NAMIRA CHOIRANI FAJRI, 121714153013 (2019) MILITER DALAM FILM HISTORIKAL INDONESIA ERA REFORMASI: ANALISIS STRUKTURALSEMIOTIK FILM TRILOGI MERDEKA (2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi dan peran militer dalam film yang dibuat pada era reformasi. Fokus penelitian ini adalah (1) posisi dan peran militer yang digambarkan dalam Trilogi Merdeka; (2) penggambaran militer dalam film yang diproduksi pada era reformasi. Penelitian ini menggunakan metode struktural-semiotik oleh Christian Metz. Melalui metode tersebut, peneliti dapat menggali tanda yang terdapat dalam visualisasi adegan serta narasi yang berhubungan dengan Reformasi Internal TNI dalam Trilogi Merdeka. Berdasarkan hasil studi ini, terlihat bahwa pembuat film masih enggan menggambarkan sinergi peran militer dengan sipil. Ketidakhadiran peran sipil dalam Trilogi Merdeka menunjukkan bahwa pembuat film mengabaikan kompleksnya sudut pandang dalam problematika berbangsa dan bernegara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa film militer di era reformasi tidak mampu untuk mereproduksi citra militer yang normatif serta tidak menampilkan model baru militer Indonesia. Cara lama masih dinilai efektif untuk mengingatkan kembali tentang beratnya perjuangan militer mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Adegan-adegan yang ditampilkan dalam film mengarah pada pembenaran pentingnya peran militer. Keseluruhan hasil menunjukkan bahwa militer masih menjadi badan antikritik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK TKSB 10/19 Faj m
Uncontrolled Keywords: Structural-semiotic, Military, Film, Internal Reform of TNI, Trilogy Merdeka.
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH845-895 Architectural Engineering, Structural Engineering of buildings
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
NAMIRA CHOIRANI FAJRI, 121714153013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarkawi, Dr.,S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 May 2019 06:48
Last Modified: 15 May 2019 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item