AN ERROR ANALYSIS IN THE USE OF ENGLISH TENSES IN WRITTEN ASSIGNMENTS OF EIGHT GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 29 SURABAYA

AMELIA MARGARETH DIMA, 121511233008 (2019) AN ERROR ANALYSIS IN THE USE OF ENGLISH TENSES IN WRITTEN ASSIGNMENTS OF EIGHT GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 29 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kesalahan yang dihasilkan oleh siswa menjadi masalah penting saat ini terutama dalam proses penulisan dalam penggunaan bahasa Inggris siswa kelas 8 di SMP N 29 Surabaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki jenis kesalahan menurut Dulay, Burt, dan Krashen dikutip dari Ellis and Barkhuizen (2005) yang disebut juga surface strategy taxonomy yang berfokus pada kesalahan yang paling banyak terjadi dalam komposisi tertulis menggunakan tenses bahasa Inggris. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan sumber kesalahan yang diusulkan oleh Richard yang dikutip dari Heydari dan Bagheri (2012). Data dikumpulkan dari 34 tugas tertulis siswa. Dengan demikian, metode kualitatif dipilih dalam penelitian ini karena penelitian ini terjadi dalam situasi nyata terhadap suatu fenomena (Gay dan Diehl 1992). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membuat kesalahan dalam semua jenis kesalahan. Jumlah kesalahan terbesar yang ditemukan dalam tulisan siswa adalah dalam tipe misformation (126 kesalahan), omisson (54 kesalahan), addition (17 kesalahan), dan kesalahan paling sedikit ditemukan yaitu dalam tipe misordering (8 kesalahan). Hal ini menunjukkan bahwa siswa di kelas 8B membuat banyak kesalahan dalam penggunaan simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Dengan demikian, beberapa faktor telah diidentifikasi untuk menunjukkan sumber kesalahan. Sumber kesalahan ditemukan pada kedua sumber yaitu Interlingual yang terjadi sebagai akibat dari gangguan bahasa ibu dan juga sumber kesalahan Intralingual yang terjadi karena kurangnya kemampuan dalam memahami bentuk atau struktur kalimat yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fs Sej 33/19 Dim e
Uncontrolled Keywords: Error Analysis, Tense, Interlingual Error, Intralingual Error
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works > AC9-195 Other languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
AMELIA MARGARETH DIMA, 121511233008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLila Musyadha, Dra.,M.PdUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 May 2019 07:06
Last Modified: 15 May 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item