BENTUK DAN FUNGSI KATA PADA MASYARAKAT NELAYAN KELURAHAN LUMPUR DAN KELURAHAN KROMAN KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK

NURUL MAULIDAH, 121511133088 (2019) BENTUK DAN FUNGSI KATA PADA MASYARAKAT NELAYAN KELURAHAN LUMPUR DAN KELURAHAN KROMAN KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 41-19 Mau b Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 41-19 Mau b.pdf
Restricted to Registered users only until 16 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Bentuk dan Fungsi Kata pada Mayarakat Nelayan Kelurahan Lumpur dan Kelurahan Kroman Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik” ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kata dan fungsi bahasa dalam kata pada masyarakat nelayan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsif kualitatif dengan teknik rekam dan teknik catat dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan faktor lingkungan dan pekerjaan berpengaruh terhadap munculnya kata atau istilah baru. Hal tersebut tercermin dalam penggunaan kata lungo dalam bahasa Jawa memiliki makna „pergi‟ dan diartikan „melaut‟ oleh masyarakat nelayan. Bentuk kata yang digunakan masyarakat nelayan Kelurahan Lumpur dan Kroman diklasifikasikan (1) bentuk kata tunggal yang meliputi lungo, nebah, goyeng, morang, kandas, nyungsung, galuri, penguru, ngejok, (2) bentuk kata kompleks yang meliputi nyager bengi, melei iwak, nyancang perahu, nyambang nggon, (3) bentuk kata berafiks yang meliputi prefiksasi (N-), sufiksasi (-an, dan -e), konfiksasi (di-/-I, m-/-i), dan (4) bentuk berupa frasa yang meliputi angin kendo, angin nggebes. Penggunaan kata pada masyarakat nelayan memiliki fungsi bahasa diantaranya (1) fungsi instrumental untuk memberikan perintah, (2) fungsi regulasi berfungsi untuk sebuah peraturan, dan (3) fungsi representasi untuk memberi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 41-19 Mau b
Uncontrolled Keywords: bentuk, istilah, nelayan, fungsi, Gresik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NURUL MAULIDAH, 121511133088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs. H., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 May 2019 03:27
Last Modified: 16 May 2019 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item