PENENTUAN INDIKATOR TERPENTING PADA PERSETUJUAN PEMBIAYAAN DI BANK JATIM SYARIAH DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

MEGA BINTANG RAHARDINI, 041511433009 (2019) PENENTUAN INDIKATOR TERPENTING PADA PERSETUJUAN PEMBIAYAAN DI BANK JATIM SYARIAH DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text (fulltext)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pembiayaan adalah penyaluran dana dari pihak yang kelebihan dana (bank Syariah) kepada pihak yang membutuhkan dana. Dalam proses pembiayaan pada umumnya menggunakan analisa 5C (character, capacity, capital, collateral, condition). Terdapat dua aspek tambahan pada Bank Jatim Syariah terkait analisa persetujuan pembiayaan yaitu aspek akad dan Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat indikator mana dari ketujuh kriteria tersebut yang dianggap paling berpengaruh dalam keputusan pembiayaan menurut para praktisi perbankan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatifkuantitatif dengan teknik analisis Analytic Network Process, dimana nantinya akan diolah menggunakan software super decision. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling, dimana responden terdiri dari tujuh orang yaitu para praktisi perbankan. Proses pengolahan data terdiri dari konstruksi model (wawancara), kuantifikasi model (kuisioner) dan analisis hasil. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari ketujuh kriteria tersebut, terdapat ketiga kriteria yang dianggap paling berpengaruh menurut para praktisi perbankan yaitu kriteria character (0,208) diurutan pertama, kriteria Syariah (0,195) dan kriteria capacity (0,154) diurutan terakhir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 74/19 Rah p
Uncontrolled Keywords: financing, analytic network process, 5C, Islamic banks
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
MEGA BINTANG RAHARDINI, 041511433009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLina Nugraha, SE., M.SEIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 May 2019 04:05
Last Modified: 20 May 2019 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item