RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI ATLET AIRLANGGA JUJITSU MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

MUHAMMAD NUR FA’IQ MAJID, 081411631015 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI ATLET AIRLANGGA JUJITSU MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text (full text)
full tex.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Jujitsu adalah salah satu beladiri jepang yang mengajarkan teknik bertarung dan bertempur. Seiring berjalannya waktu, beladiri Jujitsu khususnya di Indonesia berkembang lebih dari sekedar cara untuk bertempur atau bertarung, tapi juga wadah untuk berprestasi. Setiap anggota UKM Airlangga Jujitsu (JJUA) yang ingin berprestasi harus mengikuti program seleksi atlet guna diketahui nilai klasifikasinya termasuk pada grade “A (Utama)” atau “B (Kedua)”. JJUA selama ini melakukan proses klasifikasi manual dengan bantuan fungsi matematika yang terdapat pada Microsoft Excel. Cara manual inilah yang menjadi sebab proses klasifikasi dan publikasi hasil tes atlet menjadi relative lama. Sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) adalah solusi yang dipilih karena dapat menyelesaikan permasalah dengan lebih praktis dan waktu relatif cepat. Naïve Bayes Classifier adalah metode klasifikasi yang bekerja dengan mengasumsikan bahwa tidak ada keterkaitan tertentu antara sebuah kelas dengan kelas lainnya. Penelitian ini mempergunakan 8 attribut dan 87 data record hasil klasifikasi yang pernah diselenggarakan diAirlangga Jujitsu. 54 dipergunakan sebagai data training dan 26 data dipergunakan sebagai data testing. Algoritma Naïve Bayes Classifer dibangun dengan bantuan aplikasi komputer Sublime Text 3 dan ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Penelitian ini menunjukan bahwa algoritma naïve bayes classifier dengan metode pengolahan data tipe kategorikal dapat menyelesaikan permasalahan klasifikasi atlet 2 kategori ini. Pengujian yang digunakan untuk SPK ini adalah pengujian blackbox dan tes akurasi. Sedangkan untuk evaluasi sistem, menggunakan usability testing dengan metode System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian blackbox, dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi pada sistem telah sesuai antara ekspetasi dan realitanya. Sedangkan untuk pengujian akurasi yang dilakukan melalui komparasi antara hasil klasifikasi sistem dengan 54 data hasil pengolahan konvensional didapatkan hasil 96,96% akurat. Untuk pengujian usability dengan metode SUS, didapatkan hasil SUS Score 70,833 atau dengan indeks nilai C. SUS Score dengan indeks C menunjukkan bahwa SPK klasifikasi atlet mempuyai kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 15/19 Maj r
Uncontrolled Keywords: Naïve Bayes Classifer (NBC), Decission Support Sistem (DSS), Classification, Data Mining, Usability Testing, System Usability
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD NUR FA’IQ MAJID, 081411631015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs.,H M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 May 2019 05:22
Last Modified: 20 May 2019 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82486
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item