PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS INDIVIDU HOMOSEKSUAL

EDWIN ELMANDO PURNOMO, 111311133189 (2019) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS INDIVIDU HOMOSEKSUAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 96-19 Pur p Abstrak.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 96-19 Pur p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis khususnya pada Individu Homoseksual. Homoseksual adalah seorang individu sebuah yang memiliki orientasi seksual dan ketertarikan baik secara fisik maupun emosional terhadap individu lain yang memiliki jenis kelamin yang sama. Dukungan sosial merupakan sumber daya yang disediakan oleh orang lain terhadap individu yang dapat mempengaruhi kesejahteraan individu yang bersangkutan. Kesejahteraan psikologis adalah kondisi dimana individu mampu mencapai keadaan psikologis yang positif. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif survei dengan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah subjek yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 70 orang dengan orientasi homoseksual. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner Daftar Evaluasi Dukungan Interpersonal (ISEL) dan Skala Kesejahteraan Psikologis (PWBS) dengan total 82 aitem. Analisis data dilakukan melalui regresi linear sederhana dengan mengunakan IBM SPSS Statistic versi 22. Dari hasil analisis penelitian, didapatkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada individu homoseksual. Didapatkan hasil bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh sebesar 66,1% terhadap kesejahteraan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 96-19 Pur p
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, kesejahteraan psikologis, homoseksual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
EDWIN ELMANDO PURNOMO, 111311133189UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 May 2019 08:43
Last Modified: 21 May 2019 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item