FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDUDUK PEDESAAN DALAM MEMILIH MENJADI MIGRAN SIRKULER DI KELURAHAN SAWUNGGALING KECAMATAN WONOKROMO KOTAMADYA SURABAYA

Suwartono, - (2000) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDUDUK PEDESAAN DALAM MEMILIH MENJADI MIGRAN SIRKULER DI KELURAHAN SAWUNGGALING KECAMATAN WONOKROMO KOTAMADYA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KK TS 14 96 SUW F_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kekuatan dan potensi ekonomi yang tidak seimbang antara desa dan kata dewasa ini, menyebabkan mobilitas penduduk desa ke kata terua meningkat dan banyak terjadl di kota-kota besar di Indonesia dewasa ini. Dampak yang luas itu dimungkinkan oleh karena dl pedesaan dirasakan begitu sullt untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga keputusan untuk pindah ke kota adalah merupakan respen terhadap harapan perolehan penghasilan yang lebih balk, apabila dibanding dl desa. Penelltian ini bertuJuan, pertama menganalisis karakteristik migran sirkuler dari aspek 303ial, ekonoml dan demografis. Kedua, menganalisis mekanisme pengambilan keputuaan migran dalam menentukan pilihannya menjadi migran sirkuler dan ketiga. menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penduduk pedeeaan dalam memillh menjadl migran sirkuler di perkotaan. Para migran sirkuler di Kelurahan Sawunggaling pada umumnya berada pada kelompok usia produktlf yang sebagian besar mempunyai beban tanggungan keluarsa yang cukup besar. Alaaan utama para migran untuk melakukan mobilitae ke kota, lebih disebabkan oleh dorongan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Sehingga migran sanget menggantungkan untuk memperoleh pekerjaan di kota dengan cara melakukan migrasi. Besarnya biaya hidup di kota untuk eeluruh keluarga dirasakan sulit sehiingga mereka cenderung memilih menjadi migran eirkuler 7 dengan harapan pemenuhan kebutuhan sosial ekonomi keluarsa tetap dapat terpenuhi dibanding jika mereka menetap di kota.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 14/96 Suw f
Uncontrolled Keywords: Migran sirkuler
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB848-3697 Demography. Population. Vital events
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu ilmu Sosial
Creators:
CreatorsEmail
Suwartono, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDede Otomo, Dr MAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 22 May 2019 06:51
Last Modified: 22 May 2019 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item