PENILAIAN KEPUASAN KARYAWAN PADA SISTEM PENGELOLAAN ORGANISASI DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Rochmah, Thinni Nurul and Santi, Maya Weka and Endaryanto, Anang and Rosita, Cita (2018) PENILAIAN KEPUASAN KARYAWAN PADA SISTEM PENGELOLAAN ORGANISASI DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6 (2). pp. 180-188. ISSN 2303-3592

[img] Text (Abstrak)
abstrak thinni 2018-TNR-PUBLIKASI JAKI.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Full Text)
thinni 2018-TNR-PUBLIKASI JAKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JAKI/article/view/83...

Abstract

Latar Belakang: Pengukuran kepuasan karyawan pada sistem pengelolaan organisasi merupakan kegiatan rutin di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Hal ini dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi manajer tentang nilai pengelolaan organisasi, memperkuat supervisi dan efisiensi komunikasi. Pengukuran tingkat kepuasan karyawan dilakukan melalui Job Description Index (JDI). Tujuan: Tujuan penelitian adalah menilai tingkat kepuasan karyawan pada sistem pengelolaan organisasi. Metode: Populasi penelitian adalah karyawan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya tahun 2017 sejumlah 4347 orang.Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin menghasilkan sejumlah 413 karyawan. Jumlah sampel tiap instalasi atau bidang/ bagian dihitung berdasarkan proporsi jumlah karyawan dan jenis profesi yang ada di setiap instalasi atau bidang/ bagian. Hasil: Sebagian besar karyawan memberikan penilaian baik pada indikator Job Description Index (JDI), antara lain: Gambaran Umum Kondisi Pekerjaan (78,9%); Pendapatan dan Kompensasi yang Diterima (59,1%); Peluang Naik Jabatan (67,3%); Kualitas Supervisi (74,6%); Dukungan Rekan Kerja Satu Unit (73,6%); dan Kondisi Pekerjaan Saat Ini (72,9%). Jika hasil penilaian ke enam indikator JDI disimpulkan sebagai nilai kepuasan karyawan, maka sebagian besar karyawan menyatakan puas pada sistem pengelolaan organisasi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya (80,6%). Namun masih terdapat 12,3% karyawan menyatakan tidak puas pada sistem pengelolaan organisasi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Kesimpulan: Pada dasarnya, banyak karyawan yang menilai bahwa pendapatan dan kompensasi yang diterima buruk dan sangat buruk. Penelitian ini memberikan implikasi untuk meningkatkan peluang gaji staf dan peluang untuk jalur karier seperti promosi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Job Description Index, kepuasan kerja karyawan, rumah sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rochmah, Thinni NurulUNSPECIFIED
Santi, Maya WekaUNSPECIFIED
Endaryanto, AnangUNSPECIFIED
Rosita, CitaUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 24 May 2019 02:11
Last Modified: 24 May 2019 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item