TINDAK TUTUR DIREKTIF LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM INTERAKSI ANTARA BIDAN DAN PASIEN DI PUSKESMAS MOROPELANG LAMONGAN: KAJIAN PRAGMATIK

Wahyu Kurniawan, 121511133048 (2019) TINDAK TUTUR DIREKTIF LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM INTERAKSI ANTARA BIDAN DAN PASIEN DI PUSKESMAS MOROPELANG LAMONGAN: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.55 19 Kur t.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.55 19 Kur t.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul tindak tutur direktif Bidan dan Pasien dalam Proses Konsultasi Kehamilan di Puskesmas Moropelang Lamongan: Kajian Pragmatik bertujuan untuk menemukan (1) bentuk tindak tutur direktif langsung; (2) bentuk tindak tutur direktif tidak langsung; (3) kecenderungan penggunaan tindak tutur direktif dalam Interaksi Bidan dan Pasien; dan (4) aspek-aspek yang dapat membantu meningkatkan pemahaman Pasien terhadap tuturan Bidan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori tindak tutur direktif Searle dan pemarkahan untuk membantu menandai ada tidaknya tindak tutur direktif langsung. Gambaran umum objek penelitian menjelaskan mengenai Sejarah berdirinya puskesmas Moropelang Lamongan serta gambaran mengenai bidan dan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data secara kualitatif yang meliputi mengidentifikasi dan mengklasifikasi data. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Tuturan yang telah dihimpun berupa transkrip dan rekaman tuturan data verbal maupun nonverbal dari interaksi bidan dan pasien,. Hasil penelitian ini adalah ditemukannnya jenis tindak tutur direktif langsung dan tidak langsung berupa larangan, ajakan, perintah, dan nasihat. Beberapa dari data tindak tutur jenis direktif tersebut, diperkuat dengan adanya pemarkah lingual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.55/19 Kur t
Uncontrolled Keywords: tindak tutur direktif, Puskesmas Moropelang, kajian pragmatik.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu Kurniawan, 121511133048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs , M.Hum,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 05:19
Last Modified: 24 Jun 2019 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item