MAKNA KATA-KATA PADA INDUSTRI KREATIF PERSEBAYA STORE : KAJIAN ETNOLINGUISTIK

IRMA ZURAIDA, 121511133015 (2019) MAKNA KATA-KATA PADA INDUSTRI KREATIF PERSEBAYA STORE : KAJIAN ETNOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.56 19 Zur m.pdf

Download (97kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.56 19 Zur m.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2022.

Download (852kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna kata-kata pada industri kreatif Persebaya Store. Produk industri kreatif Perebaya Store meliputi apparel, accessories, dan equipment yang merupakan produk resmi Persebaya Store. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori etnolinguistik dan semantik untuk mengetahui makna pada produk Persebaya Store dan produk industri kreatif Persebaya mencerminkan bahasa dan budaya masyarakat Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menyajikan kajian dan analisis data yang bersumber pada data yang dipilih dan kemudian dianalisis berdasarkan data yang ada. Sumber data diperoleh dari website resmi dan media sosial seperti facebook, twiter, instagram, resmi Persebaya Store. Data dikumpulkan dengan metode simak dan teknik catat. Kajian etnolinguistik dan semantik penelitian ini mendeskripsikan tentang cerminan karakter masyarakat Surabaya mulai dari bahasa dan budayanya, sehingga tercermin masyarakat yang memiliki karakter lugas, tegas, egaliter, dan apa adanya. Pada produk Persebaya Store yang menggambarkan bahasa dan budaya masyarakat Surabaya, dapat dikelompokan menjadi beberapa tema yaitu tema penyemangat, tema Kota Pahlawan, tema lirik lagu, dan tema karakter. Pada data klasifikasikan kedalam beberapa bentuk yaitu produk Persebaya Store bentuk slogan, Persebaya Store bentuk motto, dan Persebaya Store bentuk jargon. Pencerminan masyarakat Surabaya pada produk Persebaya Strore dapat dilihat dengan berbagai kosa kata yang bersumber dari data diantaranya kata: wani, nekat, kuat, nyali, berjuang, kita, cinta, pahlawan, bangga, dan bondo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.56/19 Zur m
Uncontrolled Keywords: Etnolinguistik, Persebaya Store, Surabaya.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IRMA ZURAIDA, 121511133015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNi Wayan Sartini, Dr Dra.. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 05:20
Last Modified: 24 Jun 2019 05:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82799
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item