HEADS OF AGREEMENT (HoA) SEBAGAI INSTRUMEN DALAM PENGAMBILALIHAN SAHAM MILIK PENANAM MODAL ASING OLEH PENANAM MODAL DALAM NEGERI

TANTON SWASTIKA ADI, 031511133201 (2019) HEADS OF AGREEMENT (HoA) SEBAGAI INSTRUMEN DALAM PENGAMBILALIHAN SAHAM MILIK PENANAM MODAL ASING OLEH PENANAM MODAL DALAM NEGERI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FH. 178-19 Adi h Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text (Fulltext)
FH. 178-19 Adi h.pdf
Restricted to Registered users only until 28 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbuatan hukum pengambilalihan saham adalah kegiatan yang lazim dilakukan dalam kegiatan penanamanan modal oleh penanam modal baik oleh penanam modal asing maupun penanam modal dalam negeri. Dalam proses pengambilalihan saham, para pihak lazim menggunakan perjanjian pra-kontrak sebelum membuat perjanjian kontrak utama. Perjanjian pra-kontrak adalah dokumen hukum yang biasa digunakan dalam proses transaksi bisnis baik nasional maupun internasional yang dibuat saat proses negosiasi berlangsung. Perjanjian pra-kontrak yang sering digunakan di Indonesia adalah Memorandum of Understanding (MoU) / Memoranda of Agreement (MoA) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Nota Kesepahaman. Perjanjian pra-kontrak berfungsi sebagai preliminary agreement yang dibuat para pihak sebelum kontrak utama dibuat. Nota kesepahaman berfungsi sebagai acuan dalam melakukan negosiasi bisnis bagi para pelaku bisnis pada umumnya, hal ini berbeda dengan Heads of Agreement (HoA) atau Pokok-Pokok perjanjian. Berbeda dengan MoU sebagai aturan dalam bernegosiasi bisnis, sifat HoA adalah sebagai partial agreement yang berisi kesepakatan yang telah disetujui para pihak dan kemungkinan besar akan dicantumkan dalam Perjanjian/Kontrak utama nantinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Penelitian hukum ini berusaha menjawab mengenai karakteristik dari Heads of Agreement dalam proses pengambilalihan saham dan/atau divestasi saham. Selain itu, mengenai kedudukan hukum Heads of Agreement dalam sistem hukum Indonesia dimana belum ada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 178-19 Adi h
Uncontrolled Keywords: Pengambilalihan, Perjanjian pra-kontrak, Heads of Agreement, Preliminary agreement, Partial agreement.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
TANTON SWASTIKA ADI, 031511133201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMas Rahmah, Dr., S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 May 2019 01:14
Last Modified: 28 May 2019 01:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item