Studi Resepsi Kelompok Pembaca Goodreads Indonesia Terhadap Citra Perpustakaan dalam Novel "The Magic Library: Perpustakaan Ajaib Bibi Bokken"

Aimmatul Khoiroh, 071311633056 (2017) Studi Resepsi Kelompok Pembaca Goodreads Indonesia Terhadap Citra Perpustakaan dalam Novel "The Magic Library: Perpustakaan Ajaib Bibi Bokken". Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
AIMMATUL KHOIROH 071311633056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan sebagai institusi jasa pelayanan sering dicitrakan dalam berbagai cara, salahsatunya yakni melalui bacaan fiksi seperti halnya novel magic library. Magic library sebagai salahsatu jenis fiksi populer yang menawarkan kesenangan,fantasi dan hiburan, membuat sebuah citra yang dibangun oleh penulis dapat dengan mudah di konsumsi dengan baik oleh pembacanya. Sementara itu, sebuah citra yang ingin diciptakan tentu saja disesuaikan dengan kehendak penulis,seperti halnya penulis magic library yang ingin membangun citra positif perpustakaan pada pembaca melalui cerita ringan bergenre child literature.Namun demikian, pembaca di Indonesia dihadapkan dengan stereotip-stereotip yang berkembang di masyarakat yang mana masih cenderung memarjinalkan perpustakaan. Studi kualitatif pada penelitian ini mencoba memahami resepsi pembaca Indonesia terhadap citra perpustakaan yang terdapat dalam novel, yang mana pandangan perpustakaan dalam novel kontradiktif dengan stereotip yang berkembang didalam masyarakat. Hasil temuan data dianalisis menggunakan teori resepsi Wolfgang Iser dengan menggunakan pendekatan pragmatik, di mana pendekatan ini lebih mengedepankan pada peranan pembaca dalam interaksi dengan teks yang dibacanya. Hasil resepsi pembaca pada novel magic library menghasilkan beberapa makna citra perpustakaan sebagai berikut: (1)Perpustakaan sebagai Tempat Bersejarah, (2) Perpustakaan sebagai Seni Arsitektur, (3) Perpustakaan sebagai Gudang Ilmu Pengetahuan. Selain itu,penelitian ini menghasilkan tipologi pembaca novel magic library yakni Implied Readers, Common Readers dan Resistant Readers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi resepsi. citra perpustakaan, novel the magic library
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Aimmatul Khoiroh, 071311633056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:30
Last Modified: 24 Jun 2019 02:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82954
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item