Peranan Modal Sosial Dalam Perilaku Berbagi Informasi di Kalangan Siswa SMP di Surabaya

Nikmatus Sholicha, 071311633023 (2017) Peranan Modal Sosial Dalam Perilaku Berbagi Informasi di Kalangan Siswa SMP di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
SKRIPSI Nikmatus Sholicha (2017).pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku berbagi informasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi sesorang. Kebutuhan informasi seseorang akan berbeda satu sama lainnya, begitu pula kebutuhan informasi remaja SMP yang diasumsikan sebagai remaja awal. Remaja ini cenderung mengalami krisis identitas, cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi,selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh dengan teman-teman sebayanya (peer groups), dan juga mulai suka memperluas hubungan antara pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan teman sebaya. Dalam aktivitas berbagi informasinya dilakukan dengan dua strategi yaitu secara face to face dan virtual. Oleh karena aktivitas ini merupakan suatu bentuk perilaku sosial,maka diperlukan adanya modal sosial yang berperan sebagai pembatas terhadap apa yang boleh dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan mengacu pada teori Nahapiet dan Ghoshal (1998) yang terdiri dari 3 dimensi modal sosial,yaitu : Struktural, Relasional, dan Kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, lokasi penelitian ini yaitu SMPN 25 Surabaya, SMPN 45 Surabaya, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, SMP Budi Sejati Surabaya, SMP Katolik Pencinta Damai. Metode pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku berbagi informasi siswa cenderung sering melakukan pertukaran jenis informasi hiburan sebesar 30%, yang paling sering dipertukarkan mengenai informasi film terbaru 10%, secara face to face dilakukan pada saat diskusi kecil (2 orang) 18%, intensitasnya dilakukan setiap hari 25%.Sedangkan secara virtual dilakukan pada saat chatting 30%, intensitasnya dilakukan setiap hari 22%. Adapun sumber dan jenis informasi yang digunakan internet 24% yaitu youtube 25%, sedangkan cetak 6% yaitu buku 21% Hasil penelitian terkait modal sosialnya, menunjukkan bahwa ketiga dimensi modal sosial ikut berperan dalam perilaku berbagi informasi pada kalangan siswa SMP, dimana dalam perilaku berbagi informasi terdapat dua tipe yang digunakan yakni secara langsung atau secara virtual dalam memenuhi kebutuhannya pada kalangan siwa, serta menunjukkan bahwa dimensi relasionalnya tinggi dengan dimensi struktural yang kuat dan dimensi kognitif yang cukup baik. Sehingga ketiga dimensi mempengaruhi aktivitas berbagi informasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peranan modal sosial, perilaku berbagi informasi, siswa smp di surabaya
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Nikmatus Sholicha, 071311633023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:27
Last Modified: 24 Jun 2019 02:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item