MEDIA INTERNET SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif tentang Efektivitas Promosi Perpustakaan dengan Menggunakan Sarana Media Internet di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya)

Sarastiti Dwi Priyogo, 071211633019 (2016) MEDIA INTERNET SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif tentang Efektivitas Promosi Perpustakaan dengan Menggunakan Sarana Media Internet di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
SKRIPSI_SARASTITI DWI PRIYOGO_071211633019.pdf

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan media internet saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengaksesnya. Perpustakaan dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana yang dapat menjembatani perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan agar menarik minat pengunjung perpustakaan. Setiap jenis perpustakaan mempunyai kelompok pengguna yang berbeda, namun para pengguna diseluruh jenis perpustakaan menghendaki hal yang sama yaitu memperoleh layanan yang sama – sama cepat, tepat, adil dan memuaskan. Perpustakaan sebagai sumber informasi diharapkan dapat mempertahankan pengguna perpustakaan agar tidak bosan dan berpindah kepada sumber informasi lain untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif deskriptif, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teori efektivitas yang terdiri dari tujuan, proses penyelenggaraan dan pasca penyelenggaraan promosi yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga termasuk dalam tingkat efektivitas menengah mengenai promosi perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet pada kategori 2,9%. Pada bagian tujuan promosi rata – rata skor mencapai 2,9% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator tujuan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet, proses penyelenggaraan promosi mencapai 2,8% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator proses penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet dan pada bagian pasca penyelenggaraan mencapai 2,9 % termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator pasca penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media internet, sarana promosi perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Sarastiti Dwi Priyogo, 071211633019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:10
Last Modified: 24 Jun 2019 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82976
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item