PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN DIKALANGAN PENDERITA “LUPUS”

ARSILINA AZMI, 071311633090 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN DIKALANGAN PENDERITA “LUPUS”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Arsilina Azmi abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI Arsilina Azmi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kajian mengenai perilaku penemuan informasi terutama dalam bidang kesehatan menjadi sorotan peneliti dengan menghasilkan suatu model yang sifatnya khas pada populasi tertentu satu satunya yaitu pasien dimana penelitian mengenai perilaku penemuan informasi kesehatan banyak membahas pasien yang menderita penyakit terkecuali penyakit lupus. Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat mengancam jiwa jika terlambat untuk ditangani dikarenakan penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit lain seperti Kanker, HIV/AIDS yang sulit untuk dideteksi. Di Indonesia sendiri penderita lupus memiliki angka yang cukup besar ini dilihat karena kurangnya informasi kesehatan mengenai penyakit lupus untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat baik itu yang menderita ataupun tidak, perlunya informasi kesehatan tentang lupus diupayakan untuk dapat membantu penderita maupun masyarakat lain untuk melakukan penemuan informasi kesehatan. Penemuan informasi kesehatan yang dilakukan oleh penderita lupus didasari karena adanya kebutuhan informasi yang dimilikinya. Adanya kebutuhan informasi ini dipengaruhi oleh adanya faktor latar belakang (demografi dan pengalaman langsung), faktor keterkaitan personal (arti penting dan keyakinan),faktor pembawa informasi (karakteristik dan kegunaan), yang pada akhirnya seseorang akan melakukan tindakan dari proses penemuan informasi kesehatan yang telah dilakukan. Tujuan dalam penenelitian ini untuk dapat melihat gambaran mengenai demografi dan pengalaman langsung dengan kegunaan, arti penting dan keyakinan dengan kegunaan, karakteristik dengan kegunaan, serta karakteristik dan kegunaan dengan tindakan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif, yang bermaksud menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang perilaku penemuan informasi kesehatan orang dengan penyakit lupus. Pemilihan responden dilakukan semua populasi penderita lupus kecuali mereka yang melakukan rawat inap dengan jumlah 50 responden,dengan teknik pengambilan sampel purposive sample. Sehingga data yang dibutuhkan dapat terpenuhi sesuai pada pembahasan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penemuan informasi, lupus
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
ARSILINA AZMI, 071311633090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 29 May 2019 01:50
Last Modified: 29 May 2019 01:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item