PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Deskriptif mengenai Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Univeristas Airlangga Surabaya)

Muhammad Syaikhul Majduddin, 071211631092 (2017) PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Deskriptif mengenai Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Univeristas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Muhammad Syaikhul Majduddin abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI_Muhammad Syaikhul Majduddin.compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, yang dilihat dari karakteristik kebutuhan informasi pemustaka serta hambatan yang ditemui pemustaka dalam pemenuhan kebutuhan informasi di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Peneliti menggunakan konsep dari David Nicholas untuk menggambarkan karakteristik kebutuhan informasi serta hambatan yang ditemui pemustaka dalam melakukan pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, mengingat bahwa perpustakaan Universitas Airlangga merupakan salah satu pengelola informasi yang mempunyai peran besar dalam memfasilitasi sumber-sumber informasi ilmiah untuk memenuhi kebutuhan informasi khususnya para pemustaka, dimana informasi ilmiah ini untuk menunjang kebutuhan studi mereka di Universitas Airlangga Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 responden yang terdiri dari tingkatan strata yang berbeda, yaitu Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa dari 80 responden, terdapat 65% pemustaka sering membutuhkan informasi yang terkait akademisnya. Diketahui pula bahwa pemustaka membutuhkan informasi di perpustakaan UNAIR dengan alasan sesuai dengan tugas yang diberikan (62,5%). Manfaat yang dirasakan pemustaka ketika informasi yang dibutuhkan sudah ketemu akan terpenuhi kebutuhan informasinya (70%). Sebagian besar pemustaka menyukai media informasi berbentuk cetak dan juga elektronik yaitu sebesar 41,3%. Pemustaka membutuhkan informasi ketika sedang menghadapi masalah yang berkaitan dengan pokok masalah, yaitu sebesar43,8%. Dalam jumlah informasi yang dibutuhkan, bahwa pemustaka membutuhkan lebih dari tiga sumber informasi dalam pemenuhan kebutuhan informasinya, yaitu 50%. Dalam hambatan pemenuhan kebutuhan informasi yang ditemui pemustaka, diketahui bahwa waktu tidaklah menjadi hambatan bagi pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasinya, namun keahlian dalam mengakses sumber informasi menjadi hambatan khusus dan pertimbangan penting bagi pemustaka dalam mengakses sumber informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan informasi, perpustakaan universitas airlangga
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Syaikhul Majduddin, 071211631092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 29 May 2019 01:13
Last Modified: 29 May 2019 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item