KELOMPOK PENGGEMAR MANGA ONLINE (ONLINE MANGA FANDOM) (Studi Tentang Kelompok Penggemar Manga Online di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Studies)

Atus Saniyah, 070710503 (2011) KELOMPOK PENGGEMAR MANGA ONLINE (ONLINE MANGA FANDOM) (Studi Tentang Kelompok Penggemar Manga Online di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Studies). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Skripsi Atus Saniyah abstrak.pdf

Download (839kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Skripsi Atus Saniyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maraknya perkembangan manga di Indonesia tidak lepas dari antusiasme pembaca manga. Genre, jumlah yang sangat banyak sekali produksi, dan harga yang lebih murah dengan tampilan yang lebih menarik dari komik Eropa membuat penggemar manga semakin banyak di kalangan remaja Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah penjualan komik Jepang dibanding komik-komik lainnya dan bagian rak yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung di toko buku adalah rak-rak komik Jepang. Minat remaja untuk membaca manga tentu bertolak belakang dengan data yang menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia yang rendah, tapi hal ini tidak bisa dijadikan dasar yang kuat untuk menyangkal data tersebut. Penggemar manga dengan intensitasnya membaca, tentu memiliki pengalaman membaca (reading experience) masing-masing. Pengalaman membaca (reading experience) pada penggemar tidak hanya mendorong mereka hanya sekadar membaca manga saja, tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan manga, salah satunya adalah bergabung dalam fandom-fandom of manga. Studi ini mencoba memahami dan mengkaji pengalaman membaca (reading experience) penggemar manga yang mendorong mereka bergabung dalam kelompok-kelompok penggemar manga. Studi kualitatif ini berusaha mengungkap makna perilaku penggemar manga yang merupakan teks budaya. Dengan menggunakan perspektif Cultural Studies yang berarti mencoba memahami teks ini dalam konteks perkembangan industri budaya kapitalistik yang tidak hanya berbicara soal bacaan, tetapi juga berikut berbagai produk budaya lain yang terkait, antara lain film, kostum, merchandise/produk budaya lain, yang mana ini semua seringkali membutuhkan dukungan dana yang tidak sedikit. Studi ini menghasilkan tipikal divergen manga fandom dan konvergen manga fandom. Divergen manga fandom adalah penggemar yang cenderung mengembangkan banyak perilaku dimana mereka melakukan berbagai upaya untuk selalu bisa membaca manga, cenderung menyukai banyak genre, cenderung menjadi penggemar aktif dengan mengikuti lebih dari satu komunitas penggemar dan berekspansi melakukan banyak aktivitas sinergis. Sedangkan konvergen manga fandom adalah penggemar yang cenderung hanya melakukan salah satu upaya saja untuk memenuhi kebutuhan membaca manga, menyukai salah satu genre, menjadi penggemar pasif yang hanya mengikuti salah satu komunitas saja dan mengembangkan satu macam kegiatan saja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manga online fandom, remaja kota surabaya, studi kultural
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Atus Saniyah, 070710503UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501rahma.sugihartati@fisip.unair.ac.id
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 29 May 2019 00:58
Last Modified: 29 May 2019 00:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item