KONTROL KUALITAS PADA PEMBEKUAN IKAN KAKAP (Lutjanus sp.) DI PT. UJUNG TIMUR, DESA TEBEL, KECAMATAN GEDANGAN, KABUPATEN SIDOARJO, PROPINSI JAWA TIMUR

RANI FRISCA CHRISTIANA, 060710178P (2010) KONTROL KUALITAS PADA PEMBEKUAN IKAN KAKAP (Lutjanus sp.) DI PT. UJUNG TIMUR, DESA TEBEL, KECAMATAN GEDANGAN, KABUPATEN SIDOARJO, PROPINSI JAWA TIMUR. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_RANI FRISCA CHRISTIANA.pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_RANI FRISCA CHRISTIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produksi ikan kakap (Lutjanus sp.) di Indonesia cukup besar. Hasil yang besar ini merupakan hasil tangkapan ikan kakap berasal dari laut. Jika produk perikanan tidak segera diolah dan dibekukan produk perikanan akan mengalami penurunan mutu. Hasil tangkapan yang jumlahnya banyak ini dapat diolah menjadi fillet kakap beku yang mempunyai nilai jual lebih tinggi. Selain itu produksi fillet kakap yang dibekukan dapat disimpan lebih lama. Salah satu bentuk usaha dalam mengoptimalkan pemanfaatan ikan adalah dengan mengembangkan fillet dan produk lanjutannya. Fillet ikan adalah suatu irisan daging ikan tanpa tulang. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta dapat mempraktekkan secara langsung tentang Kualiti Control Pembekuan ikan kakap. Praktek kerja Lapangan dilaksanakan di PT. Ujung Timur, Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 19 Juli – 31 Agustus 2010. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif dan wawancara serta studi literatur. Kontrol kualitas pada pembekuan fillet kakap meliputi pembelian bahan baku, pengamatan ikan kakap, penerimaan ikan, penyortiran, pencucian, penyisikan, perapian, pencucian akhir, pembungkusan, penataan pada long pan, pembekuan, pengepakan, penyimpanan, sanitasi tempat, pemasaran. Kegiatan pembekuan fillet kakap memerlikan waktu selama kurang lebih 8 jam. Pembekuan fillet ikan kakap dilakukan selama kurang lebih 20 jam dengan suhu ± -40ºC dan ± -25ºC (cold room), dengan rata – rata pembelian 3 ton/hari.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kontrol Kualitas, Pembekuan Ikan Kakap
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
RANI FRISCA CHRISTIANA, 060710178PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYudi Cahyoko, Ir. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 May 2019 07:29
Last Modified: 29 May 2019 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item