SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO) PABRIK GULA KANIGORO MADIUN

MONICA RENDA KRISNA DEWI, 080710506F (2010) SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO) PABRIK GULA KANIGORO MADIUN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_MONICA RENDA KRISNA DEWI.pdf

Download (172kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_MONICA RENDA KRISNA DEWI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat Aplikasi Sistem Informasi Distribusi PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) Pabrik Gula Kanigoro Madiun yang mencakup berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses distribusi yang meliputi proses pendaftaran customer, pemesanan gula, konfirmasi pembayaran, pengeluaran gula, pengiriman, sewa gudang & ubah harga. Dalam membuat Aplikasi Sistem Informasi Distribusi PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) Pabrik Gula Kanigoro Madiun yang pertama dilakukan adalah menganalisis sistem yang berkaitan dengan proses-proses di atas, selanjutnya mendesain sistem dan database. Dalam mendesain sistem, proses yang dilakukan adalah membuat hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD) berdasarkan hasil analisis sistem. Sedangkan untuk mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) dengan 14 (empat belas) entitas yang terdiri dari 7 (tujuh) entitas sebagai master, 7 (tujuh) entitas sebagai transaksi. Kemudian CDM tersebut di-generate ke PDM yang menghasilkan 14 (dua puluh satu) tabel sesuai dengan entitas yang ada pada CDM. Dari PDM kemudian dimasukkan ke dalam database sebenarnya yaitu MySQL. Proses selanjutnya mendesain form input dan output dengan menggunakan program Visio Professional. Proses terakhir yaitu mengimplementasikan algoritma program yang telah disusun ke dalam program menggunakan PHP 5. Aplikasi sistem informasi distribusi ini menghasilkan suatu sistem yang informatif. Terdapat fasilitas-fasilitas untuk menambah, mengubah maupun menghapus data-data seperti data pegawai, data jenis gula, data customer dan sebagainya. Dari sistem ini juga dapat dihasilkan laporan-laporan secara cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, distribusi, proses pendaftaran customer, proses pemesanan gula, proses konfirmasi pembayaran, proses pengeluaran gula, proses pengiriman, proses sewa gudang dan proses ubah harga.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > TS Manufactures > TS800-937 Wood technology. Lumber
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MONICA RENDA KRISNA DEWI, 080710506FUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs. DEAUNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 31 May 2019 01:16
Last Modified: 31 May 2019 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item