PEMERIKSAAN PARASIT PADA UDANG VANAMEI (Litopenaeus vannamei ) DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR PAYAU JEPARA, PROVINSI JAWA TENGAH

HILMA PUTRI FIDYANDINI, 060810468 P (2011) PEMERIKSAAN PARASIT PADA UDANG VANAMEI (Litopenaeus vannamei ) DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR PAYAU JEPARA, PROVINSI JAWA TENGAH. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_HILMA PUTRI FIDYANDINI.pdf

Download (66kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_HILMA PUTRI FIDYANDINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vanamei merupakan jenis udang yang pada awal kemunculannya di Indonesia dikenal sebagai udang yang dapat dibudidayakan dengan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama penyakit. Namun sejak akhir tahun 2008, udang vanamei juga terkena serangan penyakit yang menyebabkan jatuhnya produksi udang secara nasional. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam pemeriksaan parasit pada udang vanamei. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara pada tanggal 24 Januari 2011 sampai tanggal 24 Februari 2011. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara partisipasi aktif dan studi pustaka. Pemeriksaan parasit pada udang vanamei dilakukan secara natif (langsung) dengan cara scrapping terhadap bagian yang diduga terserang penyakit. Prosedur kerja dari pemeriksaan parasit ini mengacu pada Lightner (1996). Parasit yang menyerang udang vanamei adalah Zoothamnium sp., Acineta sp., Epistylis sp., dan Vorticella sp. Organisme ini menyerang udang vanamei pada permukaan tubuh maupun insang.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: PEMERIKSAAN PARASIT, UDANG VANAMEI
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HILMA PUTRI FIDYANDINI, 060810468 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKismiyati, Dr. Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 31 May 2019 02:30
Last Modified: 31 May 2019 02:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item