ANALISIS BIAYA SATUAN DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) DALAM EVALUASI TARIF TINDAKAN OPERASI (Studi Kasus di Rumah Sakit “X”Surabaya)

BELLA PUTRI LANIDA, 101611123106 (2019) ANALISIS BIAYA SATUAN DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) DALAM EVALUASI TARIF TINDAKAN OPERASI (Studi Kasus di Rumah Sakit “X”Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKM. 120-19 Lan a Abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text (Fulltext)
FKM. 120-19 Lan a.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit harus dapat menyelenggarakan manajemen keuangan yang efektif dan efisien termasuk dalam menetapkan tarif. Pada sembilan tindakan operasi terdapat selisih sebesar Rp.-4.073.368.520,- antara total pendapatan berdasarkan tarif INA CBG‟s dengan total pendapatan berdasarkan tarif di Rumah Sakit “X” Surabaya, selisih negatif tersebut dapat memicu kerugian. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis biaya satuan dalam evaluasi tarif tindakan operasi di Rumah Sakit “X” Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan studi cross sectional menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, sementara data sekunder yang diperoleh berupa data daftar produk pelayanan, tarif, jumlah pasien, jenis dan biaya alat medis dan non medis, jenis dan biaya barang investasi, biaya habis pakai medis dan non medis, data gaji pegawai, biaya umum (listrik, air,dan telepon), biaya pelatihan, biaya outsourcing, dan biaya seragam. Kalkulasi biaya dilakukan melalui analisis biaya dengan metode Activity Based Costing (ABC) pada unit kamar operasi dan unit rawat inap. Berdasarkan hasil penelitian perbandingan unit cost dengan tarif INA-CBG‟s dan tarif pelayanan Rumah Sakit “X” Surabaya didapatkan pada paket operasi kelas 2 dan 3 tindakan vitrektomy memiliki tarif INA-CBG‟s yang tidak rasional dan tindakan seconder IOL memiliki tarif tidak rasional baik pada tarif INA-CBG‟s dan tarif rumah sakit, sementara tindakan operasi phacoemulsification untuk pasien One Day Care (ODC) kelas 1 dan 2 memiliki tarif INA-CBG‟s yang tidak rasional. Kesimpulan penelitian ini adalah dari lima tindakan operasi yang di analisis di Rumah Sakit “X” Surabaya hanya terdapat 1 tindakan yang memiliki tarif paket operasi tidak rasional pada perawatan kelas 2 dan 3, sehingga secara keseluruhan rumah sakit cenderung memiliki tarif yang rasional dan tidak merugi. Hasil unit cost yang telah dihitung dengan menggunakan metode ABC dapat dijadikan dasar dalam proses evaluasi dan penentuan tarif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 120-19 Lan a
Uncontrolled Keywords: activity-based costing, analisis biaya, tarif, unit cost
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
BELLA PUTRI LANIDA, 101611123106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul Rochmah, Dr., Dra.Ec.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:48
Last Modified: 14 Jun 2019 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item