PENCITRAAN KANDIDAT KAJI - KARSA DALAM IKLAN POLITIK TV(ANALISIS TEKSTUAL IKLAN POLITIK KAJI-KARSA DI TELEVISI PADA MASA KAMPANYE PILGUB JATlM)

Sayatman, 090710050 M (2009) PENCITRAAN KANDIDAT KAJI - KARSA DALAM IKLAN POLITIK TV(ANALISIS TEKSTUAL IKLAN POLITIK KAJI-KARSA DI TELEVISI PADA MASA KAMPANYE PILGUB JATlM). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Fulltext)
TSK 07 09 SAY P.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis tekstual iklan politik TV Kaji (Khofifah Indar Parawansa - Mudjiono) dan Karsa (Soekarwo - Saifullah Yusut) pada masa kampanye Pemilihan Gubemur Jawa Timur (Pilgub Jatim) tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana iklan mengkonstruksi pesan untuk kepentingan pencitraan politik mereka. dalam rangka mendapatkan simpati dan dukungan dari calon pemilih. Isu-isu apa yang diangkat dan dilekatkan dalam iklan politik TV Kaji dan KarSa terkait upaya pembentukan citra (image) politik kandidatnya. serta apa alasan isu/tema pencitraan tersebut yang diangkat dalam konteks kampanye politik di Jawa Timur. Penelitian ini juga dapat digunakan untuk melihat gaya dan strategi iklan politik Soekarwo sebagai incumbent dengan Khofifah sebagai kandidat penantang. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis, yakni memandang bahwa iklan politik TV sebagai sarana komunikasi dan konstruksi citra (image). Sebagai sarana komunikasi, iklan politik TV dapat mempertukarkan makna tertentu melalui simbol-simbol unsur pembentuknya Sedangkan sebagai sarana konstruksi citra (image), iklan politik adalah alat konstruksi atas representasi dan persepsi publik terbadap indvidu kandidat yang dibangun melalui perangkat tekstual (textual devices) iklannya baik berupa simbol-simbol verbal, visual maupun audio sebagai unsur-unsur utamanya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKb KK-2 TSK 07/09 Say p
Uncontrolled Keywords: Kampanye, politik
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sayatman, 090710050 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra. , M.Comms., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 14 Jun 2019 09:03
Last Modified: 14 Jun 2019 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item